Sukses

Asus Garap Laptop Tandingan Surface Pro 8, Seperti Apa Bentuknya?

Sepintas, gambar ROG Flow Z13 yang dibagikan @evleaks itu memang terlihat mirip dengan Microsoft Surface Pro 8.

Liputan6.com, Jakarta - Asus kabarnya sedang mengembangkan sebuah laptop yang akan menjadi tandingan perangkat buatan Microsoft, yakni Surface Pro.

Adalah Evan Blass (@evleaks) yang membocorkan informasi kehadiran perangkat yang bernama ROG Flow Z13, dikutip dari The Verge, Selasa (2/11/2021).

Sepintas, gambar yang dibagikan @evleaks itu memang terlihat mirip dengan Microsoft Surface Pro 8. "ROG Flow Z13 (jangan bingung dengan seri Flow X13)," tulis akun tersebut.

Informasi, ROG Flow X13 merupakan laptop konvertibel yang berfungsi ganda sebagai PC gaming. Tidak seperti laptop sejenis lainnya, Asus menyertakan kartu grafis eksternal (eGPU) bernama XG Mobile.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berubah Jadi PC Gaming

ROG Flow X13. (Doc: Asus)

Dengan eGPU ini, performa laptop konvertibel yang notabene sebatas untuk kerja sehari-hari saja bisa memainkan berbagai judul game PC terkini.

Selain bertindak sebagai kartu grafis tambahan, di eGPU ini juga terpasang USB port yang mampu mengubah laptop berukuran layar 13 inci tersebut selayaknya sebuah PC gaming.

Sayang, masih belum diketahui secara pasti kapan ROG Flow Z13 ini akan dirilis ke pasaran. Beberapa meyakini, Asus akan mengumumkan laptop ini pada saat acara CES 2022.

3 dari 3 halaman

ROG Flow X13

ROG Flow X13 sudah ditenagai oleh prosesor mobile AMD Ryzen 9 5980HS yang dipadukan dengan Nvidia GeForce GTX 1650.

Untuk mendongkrak performa laptop agar setara dengan PC gaming di pasaran saat ini, Asus juga menyertakan GPU tambahan atau eksternal yang diberi nama ROG XG Mobile.

Di dalamnya, perusahaan sudah menyematkan grafis Nvidia GeForce RTX 3080 dan juga bertindak sebagai power adaptor, sebagaimana dikutip dari keterangan resminya, Rabu (13/1/2021).

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.