Sukses

Peserta Speed Chess di Piala Presiden Esports 2021 Capai 40.872

Menurut MPL Gaming, dengan peserta 40.872, kompetisi Speed Chess di ajang Piala Presiden Esports 2021 menjadikan kompetisi ini sebagai mobile game catur terbesar di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Mobile Premier League sebagai platform mobile esports mengumumumkan ada 40.872 peserta pemain yang mendaftarkan diri dalam kompetisi Speed Chess MPL di Piala Presiden eSports (PPE) 2021. Jumlah ini menjadikan pertandingan Speed Chess sebagai turnamen mobile game catur terbesar di Indonesia.

MPL sendiri membuka registrasi turnamen Speed Chess pada 4 Oktober 2021 hingga 25 Oktober 2021 di platform MPL. Tidak hanya menjadi kompetisi dengan jumlah peserta terbanyak, turnamen ini juga menawarkan hadiah dengan jumlah mencapai Rp 200 juta.

"Pencapaian ini juga menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap cabang olahraga catur, serta mobile game berbasis ketangkasan dan turnamen kompetitif yang tersedia setiap harinya di platform MPL," tutur Country Head MPL Indonesia, Ridzki Syahputera, dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (1/11/2021).

Nantinya, seluruh peserta turnamen Speed Chess pada platform MPL Gaming ini akan bertanding dengan sistem Battle Arena, yaitu mempertandingkan secara acak para peserta, tanpa batas jumlah pemain lawan. Jadi, para pemain di PPE 2021 dapat mengumpulkan kemenangan sebanyak-banyaknya.

Peringkat dalam klasemen akan ditentukan berdasarkan jumlah kemenangan terbanyak. Delapan pemain terbaik akan diterbangkan secara khusus ke Jakarta untuk berkompetisi secara langsung.

"Sebagai organisasi olahraga catur nasional yang mengusung pembinaan serta pengembangan bakat dan kemampuan catur di tanah air, kami sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan MPL untuk lebih mempopulerkan olahraga catur ke anak-anak muda di seluruh Indonesia," tutur Sekjen PB Percasi, Henry Hendratno.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Angka Peserta Piala Presiden Esports 2021 Tembus 107 Ribu Atlet

Turnamen Piala Presiden Esports (PPE) 2021 secara resmi kick-off pada 9 Oktober lalu oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Sejak dimulai hingga hari 28 Oktober 2021, jumlah peserta yang mendaftar dan berpartisipasi dalam turnamen esports ini telah menembus angka 107.389 atlet dari seluruh Indonesia.

Tentunya antusiasme ini menandakan respon positif terhadap semakin banyak talenta-talenta muda yang ingin menunjukan bakat dan kemampuannya di kancah esports berskala nasional.

“Jelas kami sangat bangga dengan antusiasme para peserta di ajang Piala Presiden Esports 2021," ujar Ketua Penyelenggara PPE 2021, Rangga Danu Prasetyo, dalam keterangannya.

Dia menambahkan, "Sejak awal memang kejuaraan tahun ini dirancang untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi talenta-talenta muda esports Indonesia."

Berbeda dari tahun pertama penyelenggaraan, Piala Presiden Esport 2021 mempertandingkan 6 cabang gim, yaitu eFootball PES, Free Fire, Lokapala, Mobile Legends, PUBG Mobile dan MPL Gaming.

Menurut Rangga, pihaknya memang menargetkan ajang PPE 2021 mampu menjaring ratusan ribu atlet dari seluruh Indonesia.

Hal ini berkaca dari jumlah peserta yang meningkat daripada pertama kali turnamen ini diselenggarakan tahun 2019, dan juga pengaruh tren esports global yang kian melejit meski di tengah situasi pandemi.

Rangga menjelaskan, dari sisi teknis tidak ada masalah karena memang skema yang disiapkan mampu mengakomodasi ratusan ribu atlet dalam enam cabang game yang dipertandingkan.

“Tidak ada masalah dari segi teknis. Kami sedang mempersiapan babak Grand Final PPE 2021 yang akan diselenggarakan secara offline di Nusa Dua, Bali, pada Desember nanti,” tegasnya.

3 dari 3 halaman

Jumlah Peserta Piala Presiden Esports 2021

Sementara Matthew Airlangga selaku Sekjen PPE 2021 mengatakan, jumlah peserta masih dapat terus bertambah meski turnamen sudah mulai bergulir.

Sehubungan dari total enam regional wilayah, saat ini baru tiga regional yang dibuka dan telah menyelesaikan fase kualifikasi yaitu Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

“Dengan jumlah per hari ini 107.389 peserta yang berasal dari berbagai regional wilayah di Indonesia, kami optimis bahwa kualitas esports kita akan semakin merata,” ujar Matthew.

Hingga saat ini PPE 2021 telah melalui sejumlah tahapan dan babak kualifikasi regional, antara lain Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Selain itu, kualifikasi untuk cabang game eFootball PES dan Lokapala juga sudah dilangsungkan.

Untuk kualifikasi regional, telah ditemukan tim-tim terbaik dari tiga regional yang telah menyelesaikan babak final.

Di cabang Free Fire, tiga tim yang telah mendapat slot Main Event adalah Red Bull Rebellion (Sumatera), MantapKali Ex Excellent (Kalimantan), dan 22 KF Esport (Sulawesi).

Sementara itu, untuk Mobile Legends ada tim EquiteForti 99 (Sumatera), Hotforex Elite Pro (Kalimantan), dan Kaizen Fraccnant (Sulawesi).

Sedangkan cabang PUBG Mobile, tim-tim pemenangnya antara lain RDEHASEN DBASIA (Sumatera), 4B Nol Derajat (Kalimantan), dan Supplybang (Sulawesi).

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.