Sukses

Waspada, Serangan Siber dan Penipuan Berkedok Squid Game Makin Marak

Berbagai skema penipuan bertemakan 'Squid Game' pun langsung bermunculan di beragam platform online, mulai dari penyebaran trojan, adware, hingga penjualan kostum Halloween.

Liputan6.com, Jakarta - Squid Game, serial TV Netflix ini memang sedang populer dan menjadi perbincangan di dunia nyata dan maya.

Sudah disaksikan oleh lebih dari 111 juta penonton, ternyata serial TV bertemakan drama survival Korea Selatan ini juga menarik perhatian pelaku kejahatan siber.

Berbagai skema penipuan bertemakan 'Squid Game' pun langsung bermunculan di beragam platform online, mulai dari penyebaran trojan, adware, hingga penjualan kostum Halloween.

Berdasarkan laporan tim keamanan siber Kaspersky, dari periode September hingga Oktober 2021 lusin file berbahaya yang berbeda muncul di web, dan berkedok dengan nama ‘Squid Game’.

"Dalam sejumlah kasus yang dianalisis, kami menemukan pengunduh Trojan dapat menginstal program berbahaya, selain itu ditemukan juga Trojan dan adware lainnya," tulis Kaspersky dalam keterangannya, Sabtu (30/10/2021).

Salah satu skema pelaku kejahatan siber adalah korban diduga menonton versi animasi adegan dari serial. Tanpa diketahui korban, di saat bersamaan sebuah Trojan diluncurkan oleh pelaku kejahatan.

"Setelah perangkat korban disusupi Trojan, maka pelaku dapat mencuri data dari berbagai browser pengguna dan mengirimkannya kembali ke server penyerang."

Selain itu, pelaku juga akan membuat sebuah shortcut sehingga dapat digunakan untuk meluncurkan Trojan setiap kali sistem dijalankan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Temukan Mobile Malware

Squid Game. (Netflix)

Lebih lanjut, Kaspersky juga menemukan mobile malware yang mengeksploitasi ketenaran ‘Squid Game’. Bukan download-an Squid Game yang didapat, pengguna justru mengunduh Trojan.

Saat aplikasi diluncurkan pada perangkat, ia meminta server kontrol untuk menyelesaikan tugasnya.

Kebanyakan, Trojan ini didistribusikan di toko aplikasi tidak resmi dan berbagai portal dengan kedok aplikasi, game, dan buku populer, dan lain lain.

 

3 dari 4 halaman

Kostum Pakaian Squid Game untuk Halloween

Boneka menyeramkan yang jadi momok di Squid Game ternyata terinspirasi dari ini. (Netflx)

Jelang momen Halloween yang segera hadir, pelaku kejahatan siber memahami kostum yang dipakai pemeran di serial TV Netflix ini akan paling diminati masyarakat.

Kaspersky mengamati, banyak toko palsu terkait ‘Squid Game’ mulai bermunculan. Sebagian besar dari mereka menawarkan kesempatan untuk membeli kostum seperti yang dikenakan pemain di serial tersebut.

Namun saat berbelanja di situs tersebut, pengguna berisiko kehilangan uang mereka, tidak mendapatkan barang yang diinginkan, dan membagikan informasi pribadi kepada pelaku kejahatan.

 

4 dari 4 halaman

Streaming Squid Game Gratis

Sutradara serial Squid Game ungkap makna di balik kostum dan topeng penjaga Squid Game. (Twitter/NetflixKR).

Selain halaman phishing 'klasik' yang menawarkan streaming Game Squid secara gratis, Kaspersky juga menemukan beberapa halaman yang menawarkan untuk bersaing dalam versi online game.

Peserta pun diiming-imingi hadiah utama, yakni 100 BNB (Binance coin). Selanjutnya, pemain tidak akan menerima hadiah yang dijanjikan dan justru berakhir dengan pengunduhan malware hingga kehilangan data.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.