Ini Tanda Sudah Mendapatkan Sertifikat Vaksin 1 di PeduliLindungi

Oleh Liputan6.com pada 26 Okt 2021, 19:25 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 19:25 WIB
Ilustrasi Vaksin COVID_19
Perbesar
Ilustrasi vaksin COVID-19 (Source: Youtube/Kementerian Kesehatan RI)

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini aplikasi PeduliLindungi sedang marak digunakan di Indonesia, terlebih lagi jika ingin memasuki ruang publik atau menggunakan transportasi publik. Aplikasi PeduliLindungi menjadi syarat masuk ke mall, stasiun, halte TransJakarta, bandara, dan sektor pariwisata lainnya.

Dilansir Klik Dokter, Selasa (26/10/2021), dalam aplikasi PeduliLindungi, akan tertera keterangan jika Anda telah melakukan vaksinasi COVID-19. Status vaksinasinya juga dapat diketahui dengan melihat keterangan dan tanda-tandanya seperti warna barcode dan lain-lain.

Saat scan QR code di ruang publik melalui aplikasi PeduliLindungi akan memberikan informasi kelayakan kondisi seseorang berdasarkan warna barcode yang muncul pada aplikasi. Kode warna terbagi menjadi empat, yaitu hijau, oranye, merah, dan hitam.

Kode warna menunjukkan kelayakan status pengguna aplikasi, apakah diperbolehkan untuk berkegiatan di tempat umum atau tidak. Selain kode warna berikut tanda-tanda telah mendapatkan sertifikat vaksin 1 di aplikasi PeduliLindungi yang dihimpun Liputan6.com:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tanda Sudah Mendapatkan Sertifikat Vaksin 1

Aplikasi PeduliLindungi. Dok: Istimewa
Perbesar
Aplikasi PeduliLindungi. Dok: Istimewa

1. Mendapat SMS dari 1199

Saat melaksanakan vaksin dosis pertama, maka seseorang akan diminta untuk mencantumkan nomor telfon yang nantinya dapat di SMS untuk informasi vaksin selanjutnya. Isi SMS tersebut biasanya menampilkan Nama, tautan, nomor tiket, serta tanggal dan tempat pelaksanaan dosis vaksin kedua.

2. NIK Terdaftar di Aplikasi PeduliLindungi

NIK yang Anda cantumkan saat mengisi formulir pendaftaran vaksinasi dosis pertama, akan tercantum dalam aplikasi PeduliLindungi. NIK ini berguna untuk pendaftaran akun di apliasi maupun website PeduliLindungi.

3. Screening Barcode Berwarna Orange

Warna oranye menandakan pengguna aplikasi PeduliLindungi telah menerima vaksin dosis pertama. Pemilik warna oranye diperbolehkan melakukan aktivitas di ruang publik dengan mengikuti kebijakan dari pengelola setempat, namun, tetap wajib menerapkan protokol kesehatan sangat ketat.

 

 

Penulis: Vania Dinda Marella

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Arti Warna Fitur Safe Entrance Aplikasi PeduliLindungi

Infografis Arti Warna Fitur Safe Entrance Aplikasi PeduliLindungi
Perbesar
Infografis Arti Warna Fitur Safe Entrance Aplikasi PeduliLindungi (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya