Sukses

Samsung Masuk 5 Besar Interbrand Best Global Brands 2021

Samsung mengatakan, brand value mereka meningkat 20 persen pada 2021 dibandingkan tahun lalu

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics mengumumkan, mereka kembali mengukuhkan posisinya sebagai lima besar merek terbaik dalam Interbrand's Best Global Brands 2021.

Dalam siaran persnya, Rabu (27/10/2021), Samsung menyebut daftar Best Global Brands itu diumumkan oleh firma konsultan global Interbrand pada 20 Oktober 2021.

Samsung berada di peringkat kelima dengan brand value USD 74,6 miliar. Mereka mengatakan, angka ini meningkat 20 persen dibandingkan dari tahun lalu.

Perusahaan asal Korea Selatan ini mengklaim, nilai tersebut dua kali lipat rata-rata pertumbuhan brand value dari 100 merek teratas di tahun 2021.

"Sejak memasuki peringkat lima besar untuk pertama kalinya pada tahun lalu, Samsung telah mempertahankan posisinya selama dua tahun berturut-turut dengan peningkatan nilai merek terbesar sejak tahun 2013," tulis perusahaan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Faktor Pendorong Pertumbuhan

Dalam penilaiannya, Interbrand mengatakan, ada beberapa faktor utama yang mendorong pertumbuhan Samsung.

Yang pertama adalah transisi Samsung ke sistem manajemen yang berfokus pada konsumen. Ini tampak pada pembentukan tim CX (Customer Experience) baru, yang didedikasikan untuk memprioritaskan pengalaman dan value yang dimiliki konsumen.

Faktor lain adalah berbagai upaya untuk keberlanjutan, termasuk berbagai kampanye yang berdasarkan visi CSR-nya, "Together for Tomorrow! Enabling People," serta inisiatif di seluruh lini perusahaan yang mendukung keberlanjutan.

Inisiatif yang mendukung keberlanjutan ini seperti terlihat dalam kemasan ramah lingkungan untuk TV dan program Galaxy Upcycling.

Interbrand juga melihat faktor lain seperti peluncuran produk-produk seperti Galaxy X Flip3, Neo QLED TV, dan jajaran home appliances Bespoke.

3 dari 4 halaman

Investasi pada Pengembangan Teknologi

Selain itu, Samsung juga dinilai memimpin pengembangan teknologi canggih seperti Artificial Intelligence, 5G, otomotif, dan robotika melalui investasi yang konsisten.

YH Lee, CMO Samsung Electronics pun gembira melihat mereka berhasil meraih peringkat lima besar global pada tahun lalu, serta mencapai pertumbuhan dua digit di tahun ini.

"Kami berjanji untuk memanfaatkan model manajemen kami yang berfokus pada konsumen untuk terus mendengarkan pendapat mereka," kata Lee.

Menurutnya, hal itu adalah cara mereka untuk "membalas dukungan besar yang kami terima dari konsumen di seluruh dunia."

Interbrand sendiri mengevaluasi brand value perusahaan berdasarkan analisis komprehensif dari berbagai faktor termasuk kinerja keuangan, pengaruh merek terhadap pembelian, dan daya saing merek.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Arti Warna Fitur Safe Entrance Aplikasi PeduliLindungi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.