Chipset MediaTek Dimensity 1200 Diklaim Bikin Smartphone 5G Lebih Ngebut dan Hemat Daya

Oleh Iskandar pada 26 Okt 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 08:09 WIB
MediaTek Dimensity 1200
Perbesar
MediaTek Dimensity 1200. Dok: MediaTek

Liputan6.com, Jakarta - MediaTek mengumumkan dua chipset premium di tahun ini yaitu Dimensity 1100 dan MediaTek Dimensity 1200. Salah satu yang ditunggu-tunggu adalah kehadiran smartphone 5G terbaru yang akan diperkuat Dimensity 1200 di Indonesia.

MediaTek mengklaim, peosesor ini mampu menyesuaikan fitur-fitur untuk kamera, tampilan, grafik, artificial intelligence (AI), processing units (APU), sensor, dan sub-sistem konektivitas.

Mengutip 91Mobiles, Rabu (26/10/2021), MediaTek Dimensity 1200 menggunakan desain chip 6nm terbaru, sehingga menjadikannya sebagai salah satu CPU smartphone tercepat yang pernah ada.

Dimensity 1200 adalah prosesor octa-core yang terdiri dari satu ultra-core (Arm Cortex-A78 core – hingga 3GHz), tiga super-core (Arm Cortex-A78 hingga 2,6GHz), dan empat core efisiensi (Arm Cortex-A55 hingga 2GHz).

Prosesor ultra-core 3GHz diklaim mampu menghadirkan kinerja CPU hingga 22 persen lebih cepat dan juga 25 persen lebih hemat daya.

Chipset ini juga mendukung memori quad-channel yang kuat dan penyimpanan UFS 3.1 dual-channel dengan throughput data hingga 1,7GB/s.

Artinya, smartphone dengan chipset ini akan mendapatkan transfer data yang sangat cepat, termasuk kecepatan baca dan tulis.

Hal ini tidak hanya akan menghasilkan transfer data yang lebih cepat, tetapi juga penggunaan aplikasi yang lebih cepat, kinerja bebas stutter, dan multitasking yang mulus.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Suguhkan Pengalaman 5G yang Mulus

MediaTek Dimensity 1200 bahkan telah diuji dan mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland dalam 72 skenario, termasuk kecepatan data 5G, pengalaman jaringan, dan konsumsi daya.

Salah satu masalah utama pada jaringan 5G adalah rentan kehilangan koneksi, bahkan dengan sedikit gangguan. Namun berkat peningkatan khusus seperti Mode Lift 5G dan Mode 5G HSR, chipset ini memastikan pengalaman 5G tetap mulus dalam kondisi apapun.

Chipset ini menghadirkan peningkatan teknologi hemat daya 'MediaTek 5G UltraSave' yang memastikan baterai smartphone bertahan sepanjang hari meski pengguna menggunakan 5G sepanjang waktu.

MediaTek Dimensity 1200 juga merupakan chip pertama yang mendukung kemampuan dual-5G SIM (5G SA + 5G SA). Fitur tersebut membuat pengalaman panggilan audio dan video stabil di kedua SIM.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Teknologi AI dan Perekaman Video 4K

Dimensity 1200 diklaim sebagai prosesor AI tercepat dan tercanggih dari MediaTek. Berkat enam core MediaTek APU 3.0 dengan multi-tasking scheduler yang ditingkatkan, chipset ini mengurangi latensi dan meningkatkan efisiensi daya.

Peningkatan itu memungkinkan chipset mendapat peningkatan kinerja 12,5 persen jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Di sektor kamera, MediaTek Dimensity 1200 memungkinkan smartphone merekam video dengan format 4K HDR dan dynamic range-nya 40 persen lebih baik dari generasi sebelumnya. Juga memungkinkan smartphone memiliki resolusi kamera hingga 200MP.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pengalaman Gaming

MediaTek Dimensity 1200 menghadirkan mesin game MediaTek HyperEngine 3.0 baru yang meningkatkan pengalaman bermain game pada smartphone.

PQ Engine 3.0 yang baru memungkinkan efek ray tracing yang mampu menampilkan bayangan lebih realistis dan pantulan seperti aslinya.

Selain itu, HyperEngine 3.0 juga menghadirkan peningkatan efisiensi daya, termasuk kinerja 5G yang lebih baik saat bermain game.

Ada juga dukungan untuk Bluetooth 5.2 dan LC3 encoding yang menghasilkan latensi sangat rendah dalam pengiriman audio. Artinya, pengguna dapat menggunakan headphone Bluetooth saat bermain game tanpa lag.

Sebagai informasi, salah satu smartphone terbaru yang sudah menggunakan chipset ini adalah Xiaomi 11T, dan kabarnya akan segera dirilis di Indonesia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya