Sukses

KPAI Akui Sudah Cek Dugaan Kebocoran Data dan Akan Lapor Polisi

KPAI mengatakan juga melakukan cek terkait dugaan kebocoran data, serta telah menyampaikannya ke kepolisian.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengatakan bahwa mereka telah melakukan pemeriksaan terkait dugaan kebocoran data yang diduga berasal dari layanan pengaduan daringnya.

"Kita sudah sampaikan ke Mabes Polri dan tim sudah turun hari Selasa kemarin untuk cek kebocoran data tersebut, dan sekaligus KPAI akan membuat laporan polisi," kata Anggota Komisioner KPAI Jasra Putra, saat dihubungi melalui pesan singkat.

Kepada Tekno Liputan6.com, Kamis (21/10/2021), Jasra menjelaskan bahwa mereka memiliki sistem pengaduan online dari masyarakat berbasis website di kpai.go.id.

"Diduga data ini yang diretas," kata Jasra mengungkapkan.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat, KPAI akan menyampaikan secara lengkap ke publik langkah-langkah perbaikan ke depan, terkait keamanan data pengaduan online masyarakat tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dugaan Kebocoran Data KPAI

Sebelumnya, database milik KPAI diduga bocor dan diperjualbelikan di situs forum hacker Raid Forums oleh pelaku yang menggunakan username C77.

Terkait kasus ini Pakar Keamanan Siber Pratama Persadha langsung melakukan penelusuran di RaidForums, dan menemukan akun bernama C77 meng-upload data yang dia jual secara murah.

Data yang bertuliskan 'Leaked Database KPAI' tersebut diduga berisi database pelaporan masyarakat dari seluruh Indonesia dari tahun 2016 sampai sekarang.

"Database-nya memiliki detail lengkap tentang identitas pelapor seperti nama, nomor identitas, kewarganegaraan, telepon, HP, agama, pekerjaan, pendidikan, alamat, email, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, provinsi, kota, usia, serta tanggal pelaporan," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Kemkominfo Dalami Kasus

Pratama, kepada Tekno Liputan6.com melalui pesan singkat, Kamis (21/10/2021) mengatakan, untuk mengunduh data itu, user Raidforums harus mengeluarkan 8 credits per data atau sekitar Rp 35 ribu.

"Dua database yang diberikan yakni berukuran 13MB dengan nama file kpai_pengaduan_csv dan 25MB dengan nama kpai_pengaduan2_csv," ucapnya menambahkan.

Sementara itu, terkait adanya dugaan kebocoran data ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengatakan sedang mendalaminya.

"Sedang kami dalami," tutur juru bicara Kemkominfo, Dedy Permadi.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Dampak Dugaan Kebocoran Data Aplikasi eHAC dan Antisipasinya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.