Sukses

Aksara Sunda, Jawa, dan Bali Siap Masuk Pembakuan Digital

Dalam dokumen standardisasi yang didaftarkan PANDI ke BSN, memuat tiga aksara yang akan masuk dalam penetapan pembakuan digital yaitu aksara Jawa, Sunda, dan Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) dan pegiat aksara telah mengirimkan dokumen Rancangan Standar Nasional Indonesia 1 (RSNI 1) untuk fon dan papan ketik ke Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Menurut staf PANDI yang mengawal proses Standardisasi ke BSN, Ratih Ayu, penyerahan dokumen itu sudah sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh BSN.

"Proses perumusan standardisasi oleh para pegiat aksara nusantara sejauh ini masih on track. Berkat kerja keras mereka pada akhirnya dokumen standardisasi fon dan papan ketik bisa rampung, dan bisa kami submit tepat waktu ke BSN sesuai dengan timeline yang ditentukan," ungkap Ayu melalui keterangannya, Rabu (20/10/2021).

Ayu memaparkan dalam dokumen standardisasi yang didaftarkan memuat tiga aksara yang akan masuk dalam penetapan pembakuan digital yaitu aksara Jawa, Sunda, dan Bali.

"Untuk saat ini baru tiga aksara yang sudah siap didaftarkan yaitu Aksara Jawa, Sunda, dan Bali. Untuk selanjutnya PANDI berencana akan mendaftarkan aksara nusantara lainnya," ucapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aksara Lampung Akan Menyusul

Menurut Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha, Kerjasama dan Pemasaran PANDI, Heru Nugroho, tahun depan PANDI akan mendaftarkan aksara nusantara lainnya ke BSN untuk mendapatkan SNI.

Berdasarkan rapat dengan Pemprov Lampung dan pegiat aksara Lampung, diproyeksikan akan didaftarkan tahun depan.

"Setelah melalui audiensi dengan pihak Pemprov Lampung, juga pegiat aksara beberapa waktu yang lalu, kami sepakat akan mendaftarkan standardisasi aksara Lampung tahun depan. Juga rencananya akan diadakan Kongres Aksara Lampung untuk pembakuan standardisasi aksara Lampung," pungkas Heru.

3 dari 3 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.