Sukses

Kritik Warganet ke Menpora soal Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas 2020

Warganet mengkritik kinerja Menpora dalam menanggapi isu doping dan sanksi dari WADA, yang membuat bendera Merah Putih tak berkibar saat kemenangan Indonesia di Thomas Cup 2020

Liputan6.com, Jakarta - Tiadanya bendera Merah Putih kala kemenangan Indonesia di Piala Thomas atau Thomas Cup 2020, membuat warganet Twitter mengomentari kinerja dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Kata "Menpora", saat artikel ini ditulis pada Senin (18/10/2021), menempati trending nomor tiga di Twitter, dengan sekitar 13 ribu cuitan.

Tak sedikit warganet, termasuk akun-akun centang biru, menilai buruk kinerja Menpora dalam menanggapi isu doping dan sanksi dari WADA (World Anti-Doping Agency).

Beberapa warganet juga menyebut bahwa kejadian tersebut adalah sesuatu yang memalukan.

Ada juga yang mengatakan, dalam beberapa kompetisi mendatang, Indonesia masih harus menghadapi sanksi semacam ini, mirip apa yang dialami Rusia di Olimpiade lalu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indonesia Menang Piala Thomas

Indonesia sendiri menjuarai Piala Thomas 2020 setelah berhasil memenangkan pertandingan kontra Tiongkok.

Tidak main-main, tim Indonesia sukses memetik kemenangan di tiga partai sekaligus. Skor 3-0 pun diperoleh dalam laga yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark ini.

Poin terakhir disumbang oleh tunggal putra Indonesia Jonatan Christie yang menang dalam rubber game melawan Li Shifeng.

Sebelumnya, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga menang melawan ganda Tiongkok dalam dua set langsung, begitu juga dengan Anthony Ginting yang sukses mengalahkan Lu Guangzu.

3 dari 4 halaman

Tanpa Bendera Merah Putih

Sayangnya, pencapaian ini terasa kurang lengkap dan akan terasa pada upacara juara.

Indonesia dilarang mengibarkan bendera Merah Putih, kecuali dalam ajang Olimpiade, dalam turnamen internasional. Hukuman tersebut datang dari Badan Antidoping Dunia, WADA, yang efektif per 7 Oktober lalu.

Sebagai gantinya, bendera yang dikibarkan dan mewakili Indonesia nanti menampilkan logo PBSI selaku induk bulu tangkis di Tanah Air.

Meskipun begitu, lagu kebangsaan Indonesia Raya masih tetap dikumandangkan.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Prestasi Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.