Sukses

Cara Aktifkan Fitur Backup Terenkripsi WhatsApp ke Google Drive dan iCloud

Perlu diketahui, fitur backup enkripsi end-to-end ke Google Drive dan iCloud ini harus diaktifkan secara manual oleh pengguna. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp baru saja memperkenalkan fitur backup chat terenkripsi ke Google Drive atau iCloud bagi para penggunanya.

Kabar ini pertama kali mencuat lewat blog WABetaInfo yang menyebutkan, WhatsApp sedang melakukan uji coba fitur tersebut masih sebatas pengguna iOS.

Kini lewat update terbaru aplikasi WhatsApp, pengguna dapat mengaktifkan backup terenkripsi ini di HP Android dan iOS mereka.

Perlu diketahui, fitur backup enkripsi end-to-end ke Google Drive dan iCloud ini harus diaktifkan secara manual oleh pengguna. Bagaimana caranya?

Gampang, pengguna hanya perlu masuk ke Pengaturan > Obrolan > Cadangan obrolan > Cadangan terenkripsi.

Pastikan kamu juga memasukkan password atau kata sandi pilihan agar chat yang tersimpan di Google Drive dan iCloud aman.

WhatsApp mengatakan, bila sudah dikunci dengan password, maka Google atau Apple tidak akan mampu mengakses atau membaca chat tanpa mengetahui password.

Informasi, fitur backup terenkripsi ini memang belum dinikmati oleh semua pengguna WhatsApp. Disebutkan, update fitur ini akan dirilis secara bertahap ke semua pengguna.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Gulirkan Fitur Backup Terenkripsi

Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

WhatsApp akhirnya mulai menggulirkan fitur backup terenkripsi bagi pengguna Android dan iOS mulai per hari ini, 15 Oktober 2021.

Sebelumnya, perusahaan baru melakukan uji coba fitur tersebut hanya untuk pengguna perangkat iOS.

Walau chat di WhatsApp telah dienkripsi end-to-end secara default, perusahaan masih belum merilis fitur enkripsi bilamana pengguna ingin mencadangkan obrolan ke Google Drive atau iCloud hingga sekarang.

 

3 dari 4 halaman

Uji Coba Opsi untuk Atur Ukuran File Backup Chat

Ilustrasi Media Sosial dan Aplikasi Chat | unsplash.com/@christianw

Di sisi lain, WhatsApp kedapatan telah menguji coba tool yang memungkinkan pengguna untuk mengatur ukuran file backup chat.

Perubahan awal ini terbatas pada WhatsApp untuk versi Android dan bisa bekerja pada backup yang disimpan di Google Drive.

Mengutip laman Gadget NDTV, Rabu (13/11/2021), berdasarkan laporan WABetaInfo, WhatsApp kini mengembangkan sesi "Manage backup size" yang memungkinkan pengguna mengatur sendiri ukuran file backup sebelum mengunggahnya ke cloud.

(Ysl/Tin)

4 dari 4 halaman

Infografis Facebook, Instagram & WhatsApp Tumbang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.