Sukses

Cara Jaga Privasi di Fitur Aktivitas Teman Shopee

Berikut ini cara mengatur privasi di fitur Aktivitas Teman yang baru saja diluncurkan oleh Shopee

Liputan6.com, Jakarta - Fitur Aktivitas Teman di aplikasi Shopee sempat membuat beberapa warganet heboh karena dinilai melanggar privasi pengguna.

Shopee Indonesia pun mengatakan bahwa pengguna bisa mengontrol pengaturan privasi akun terkait riwayat kegiatan mereka.

"Shopee juga telah mengatur agar barang-barang dari kategori sensitif secara otomatis tidak dapat dilihat oleh pengguna lain," tulis juru bicara Shopee Indonesia, Kamis (14/10/2021).

Untuk menonaktifkan fitur Aktivitas Teman di aplikasi e-commerce tersebut, pengguna bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Ketuk "Pengaturan Akun
  2. Setelah masuk ke "Pengaturan Akun", kemudian pilih "Pengaturan Privasi"
  3. Usai berada di "Pengaturan Privasi", pilih "Sembunyikan aktivitas saya" untuk beberapa aktivitas yang ingin disembunyikan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Ungkap Fitur Baru Shopee

Akun Twitter @efify sebelumnya melaporkan temuannya atas fitur Aktivitas Teman di aplikasi Shopee-nya.

Dia mengetahui hal itu ketika membuat chat dan melihat ada tab baru berupa Aktivitas Teman. Saat membukanya, ternyata isinya adalah barang apa saja yang dibelanjakan dan diulas oleh temannya.

3 dari 4 halaman

Pengaturan Aktivitas

Dari tangkapan layar Pengaturan Aktivitas yang diunggah, tampak sejumlah opsi yang dapat dinyalakan atau dinonaktifkan oleh pengguna.

Adapun opsi tersebut meliputi sembunyikan sejumlah aktivitas, seperti penilaian produk, saat menyukai penilaian produk, pesanan yang belum dinilai, hingga komentar pada postingan feed.

Meskipun begitu, berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com di aplikasi Shopee yang digunakan via tablet, bagian Aktivitas Teman belum ditemukan. Adapun aplikasi tersebut belum memiliki pembaruan di Play Store.

Opsi yang ada di Pengaturan Privasi masih sebatas "Privasi no. Handphone", "Tidak terlihat oleh kontak", dan opsi untuk menyembunyikan interaksi di Shopee LIVE.

4 dari 4 halaman

Infografis 11 Aplikasi Terintegrasi PeduliLindungi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.