Benarkah WhatsApp Akan Dihapus 1 November 2021?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 15 Okt 2021, 11:25 WIB
Diperbarui 25 Okt 2021, 13:04 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu, WhatsApp down bersama Facebook dan Instagram. Dari situ banyak yang mempertanyakan apakah WhatsApp akan dihapus?

Kegelisahan sebagian warganet ini muncul mengingat WhatsApp juga telah mengumumkan akan menghentikan dukungan ke sejumlah perangkat Android dan iOS.

Dalam laman frequently asked question (FAQ) WhatsApp, perusahaan mengumumkan akan menghentikan akses pada smartphone Android yang menjalankan OS 4.0.4 dan iOS 9 mulai dari 1 November 2021.

Dari informasi itu, artinya WhatsApp bukan akan dihapus, melainkan tidak akan lagi bisa diakses menggunakan smartphone-smartphone tertentu. Beberapa informasi menyebut adalah lebih dari 50 model smartphone yang tidak bisa lagi dipakai untuk mengakses WhatsApp, baik itu Android, iOS, hingga KaiOS.

Pengguna WhatsApp sebaiknya tidak khawatir dengan ramai informasi WhatsApp akan dihapus. Para pengguna tetap bisa menggunakan aplikasi pesan terbesar di dunia, asalkan menggunakan smartphone dengan sistem operasi yang memenuhi persyaratan WhatsApp.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Persyaratan

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Dimitri Karastelev/Unsplash
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Dimitri Karastelev/Unsplash

Ada pun persyaratan dari pihak WhatsApp untuk perangkat yang bisa pakai aplikasi chatting itu adalah:

- Smartphone Android yang menjalankan OS 4.1 dan yang lebih baru.

- iPhone yang menjalankan iOS 10 dan yang lebih baru. Artinya, iPhone dengan iOS 9 ke bawah tidak bisa lagi mengakses WhatsApp.

- Telepon tertentu yang menjalankan KaiOS 2.5.0 dan yang lebih baru. Telepon JioPhone dan JioPhone 2 tetap bisa dipakai mengakses WhatsApp.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Daftar Smartphone yang Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp

[Fimela] ilustrasi whatsapp
Perbesar
ilustrasi whatsapp | pexels.com/@anton-8100

Berikut adalah daftar smartphone yang tidak bisa lagi mendapatkan update WhatsApp per 1 November 2021, dikutip dari Entrepreneur:

1. Android

Samsung: Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 Mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core, dan Galaxy Ace 2

LG: Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus F5, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6 Enact, Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus F4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD, 4X HD, Optimus F3Q

ZTE: Grand S Flex, ZTE V956, Grand X Quad V987, Grand Memo

Huawei: Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, dan Ascend D2

Sony: Xperia Miro, Sony Xperia Neo L, dan Xperia Arc S

Alcatel: One Touch Evo 7.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Smartphone Lainnya

Ilustrasi WhatsApp, Aplikasi WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp, Aplikasi WhatsApp. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Smartphone Lainnya: Archos 53 Platinum, HTC Desire 500, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, Lenovo A820, UMi X2, Faea F1, THL W8

2. iOS

Apple iPhone SE, iPhone 6S, iPhone 6S Plus.

(keterangan: jika iPhone-iPhone yang disebutkan ini masih bisa di-update ke iOS 10 atau setelahnya, berarti masih bisa dipakai untuk mengakses WhatsApp).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Apa yang Terjadi dengan WhatsApp di Smartphone Lawas di Atas?

Ilustrasi WhatsApp / WA
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp / WA. (Image by Tumisu from Pixabay)

Meski WhatsApp menghentikan dukungan untuk smartphone dalam daftar di atas, tidak berarti aplikasi langsung setop bekerja di deretan smartphone lawas tersebut. Masalah terbesarnya adalah perangkat yang tidak didukung WhatsApp tidak akan bisa mendapat akses update security atau keamanan.

Hal ini pun membuat para pengguna mudah jadi target para hackerHacker bisa memanfaatkan kerentanan di aplikasi yang tidak di-update untuk mencuri data pengguna.

WhatsApp menyarankan agar pengguna smartphone di atas memperbarui perangkat yang lebih baru untuk menghindari penutupan akun atau tidak mendapatkan software keamanan. Jika tidak, pengguna tidak bisa menikmati fungsi aplikasi. Misalnya tidak terhubung ke WhatsApp Web.

Pasalnya untuk masuk ke platform, WhatsApp akan meminta kode QR dari aplikasi yang diunduh di ponsel. Jika ponsel lawas, dalam beberapa kasus tidak bisa menampilkan kode QR tersebut.

Jika kamu takut kehilangan akses atas WhatsApp di smartphone, pengguna perlu membuat backup atau pencadangan riwayat percakapan sebelum 1 November 2021. Caranya:

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Backup

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan.  Adem AY/Unsplash
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Adem AY/Unsplash

1. Buka WhatsApp, masuk ke menu (titik tiga di sudut kanan atas)

2. Masuk ke Setting dan pilih Chat

3. Klik Chat Backup dan klik Backup.

Cara ini bisa menyimpan seluruh percakapan WhatsApp. Namun lagi-lagi harus diingat, pengguna tidak bisa masuk ke WhatsApp hingga berganti ke Android 4.1 ke atas dan iOS 10 ke atas.

 

(Tin/Ysl)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Tentang WhatsApp Cs

Infografis Facebook, Instagram & WhatsApp Tumbang
Perbesar
Infografis Facebook, Instagram & WhatsApp Tumbang. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya