Sukses

Apple Sebut iOS Lebih Aman dari Android, Apa Penyebabnya?

Apple baru-baru merilis laporan mengenai berbahayanya aktivitas sideloading yang didukung sistem operasi Android.

Liputan6.com, Jakarta - Apple merilis laporan yang secara tidak langsung menyorot soal keamanan di sistem operasi Android. Lewat laporan berjudul 'Building a Trusted Ecosystem for Millions of Apps', perusahaan disebut sekaligus ingin merespons usulan Komisi Eropa mengenai Digital Markets Act.

Sebagai informasi, dalam usulan tersebut, Komisi Eropa disebut mendorong agar perusahaan teknologi mengizinkan sideloading di perangkatnya, termasuk iPhone. Adapun sideloading merupakan praktik yang memungkinkan pengguna memasang aplikasi dari pihak ketiga.

Oleh sebab itu, dalam laporannya, Apple membahas mengenai ancaman keamanan dari aktivitas sideloading. Dikutip dari GSM Arena, Jumat (15/10/2021), Apple menyebut aktivitas sideloading dapat melumpuhkan perlindungan privasi dan keamanan yang telah membuat iPhone tetap aman.

Dengan demikian, Apple menyebut platform yang memungkinkan sideloading sebenarnya mengancam keamanan dan privasi, termasuk menjadi celah untuk akses masuk malware seluler.

Dalam hal ini, perusahaan terang-terangan menyebut kompetitornya, yakni Android. Laporan itu menyebut perangkat Android memiliki risiko terinfeksi malware 15 hingga 47 kali lipat lebih besar dibandingkan iPhone.

Laporan dari perusahaan keamanan juga menyebut perangkat Android dari kliennya mengalami 6 juta serangan setiap bulan. Lebih lanjut Apple menjelaskan, malware berbahaya karena dapat merugikan konsumen, perusahaan, pengembangan, dan pengiklan.

Untuk itu, Apple secara tegas menolak aktivitas sideloading. "Jika sideloading dari toko aplikasi pihak ketiga dimungkinkan, aplikasi berbahaya dapat dengan mudah berpindah untuk menginfeksi perangkat konsumen," tulis perusahaan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Rilis iOS 15.0.2 dan iPadOS 15.0.2, Ada Perbaikan Bug Apa?

Di sisi lain, Apple sebenarnya baru saja mengulirkan update iOS 15.0.2 dan iPadOS 15.0.2. Apa saja yang dibenahi oleh Apple lewat pembaruan ini?

Dikutip dari keterangan Apple, Selasa (12/10/2021), update ini memperbaiki masalah dimana gambar yang disimpan ke Photo Library dari Messages hilang setelah pesan atau utas terkait dihapus. 

iOS 15.2 juga memperbaiki bug yang menyebabkan iPhone Leather Wallet dengan MagSafe tidak terhubung ke Find My, dan masalah AirTags tidak muncul di tab Find My Items.

Ada juga perbaikan untuk bug CarPlay yang menyebabkan fitur ini tidak bisa membuka aplikasi audio.

Selain itu, Apple juga melakukan perbaikan untuk masalah yang menyebabkan restore atau update perangkat selalu gagal. Bug ini terjadi pada iPhone 13 series saat memakai Finder atau iTunes.

3 dari 4 halaman

iPadOS 15.2

Selain itu, Apple juga meluncurkan update iPadOS 15.0.2. Pembaruan tablet dilengkapi dengan perbaikan bug Messages dan AirTag.

Ada juga perbaikan untuk bug yang menyebabkan perangkat saat restore atau update gagal. Itu terjadi di iPad mini 6 saat menggunakan Finder atau iTunes.

Dalam hal keamanan, Apple menyatakan pembaruan 15.0.2 ini mengatasi kerentanan tertentu, seperti aplikasi untuk mengeksekusi kode arbitrer dengan hak istimewa kernel.

(Dam/Tin)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Apple

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.