Sukses

Top 3 Tekno: Daftar Serangan Siber Paling Merugikan Sepanjang 2021 Bikin Penasaran

Artikel soal laporan Kaspersky IT Security Economics yang mengungkap tentang insiden keamanan siber paling merugikan bisnis sepanjang 2021, bikin penasaran pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (12/10/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Artikel soal laporan Kaspersky IT Security Economics yang mengungkap tentang insiden keamanan siber paling merugikan bisnis sepanjang 2021, bikin penasaran pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (12/10/2021).

Selain itu, artikel tentang pendapat pakar tentang NIK menjadi NPWP hingga 2 startup Indonesia meraih penghargaaan G20 Innovation League 2021 juga populer.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita tersebut di bawah ini.

1. Kaspersky Ungkap Serangan Siber Paling Merugikan Bisnis Sepanjang 2021, Apa Itu?

Indonesia Kena Serangan Siber, Pakar: Jangan Sepelekan Keamanan. (Doc: PCMag)

Laporan Kaspersky IT Security Economics mengungkap, kian parahnya insiden keamanan siber yang mempengaruhi bisnis melalui supplier atau pihak ketiga, tempat mereka berbagi data.

Disebut dalam laporan tersebut, rata-rata kerugian finansial dari peristiwa yang menarget perusahaan mencapai USD 1,4 juta (setara Rp 19,8 miliar) pada 2021.

Hal ini menjadikan serangan siber terhadap supplier data pihak ketiga jadi jenis insiden paling merugikan secara materi.

Baca selengkapnya di sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. NIK Jadi NPWP, Pakar: Pemerintah Harus Siapkan SDM dan Infrastruktur dengan Matang

Ilustrasi NPWP. Pajak.go.id

Salah satu yang diatur setelah pengesahan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) adalah menambah fungsi NIK ((Nomor Induk Kependudukan) sebagai pengganti NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Menurut Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, penambahan NPWP ke dalam KTP ini juga merupakan usulan dari DPR RI agar mempermudah pemantauan wajib pajak.

Terkait hal ini, pakar keamanan siber Pratama Persadha menuturkan pemanfaatan dan pencantuman NIK sebagai nomor wajib pajak merupakan langkah yang baik untuk mempercepat digitalisasi Tanah Air.

Baca selengkapnya di sini

 

3 dari 3 halaman

3. 2 Startup Indonesia Nalagenetics dan Ruangguru Raih Penghargaan G20 Innovation League 2021

Nalagenetics dan Ruangguru Raih G20 Innovation League 2021. Dok: G20 Innovation League 2021/Kemkominfo

Dua startup asal Indonesia, Nalagenetics dan Ruangguru, terpilih menjadi Top 10 Startup unggulan dalam Forum G20 Innovation League 2021 yang berlangsung pada 9-10 Oktober 2021 di Sorrento, Italia.

Nalagenetics meraih juara satu dalam kategori Mobility and Healthcare. Sementara Ruangguru merebut juara dua untuk kategori Artificial Intelegence.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, Semuel A. Pangerapan, mengapresiasi penyelenggaraan G20 Innovation League 2021.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.