Apple Tolak Aplikasi Horoskop, Kenapa?

Oleh Iskandar pada 11 Okt 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 11 Okt 2021, 09:30 WIB
Aplikasi di smartphone
Perbesar
Sekarang kamu bisa beli aplikasi di App Store dan melakukan pembayaran digital lewat DANA.

Liputan6.com, Jakarta - Pengembang Night Cat Productions baru-baru ini berkicau di Twitter kalau aplikasi horoskop besutan mereka, WTFuture, ditolak oleh Apple.

"Saya punya kabar buruk. Ternyata, ada terlalu banyak aplikasi horoskop di App Store, jadi WTFuture ditolak (dua kali). Aku sangat menyesal. Sementara ini saya akan terus mem-portingnya ke Android," tulis Night Cat Productions.

Namun menurut Ubergizmo, dikutip Senin (11/10/2021), tweet tersebut telah dihapus dan belum diketahui alasannya.

Alasan penolakan Apple adalah karena sudah terlalu banyak jenis aplikasi horoskop. Surat penolakan tersebut mengacu pada pedoman pengembang Apple, khususnya bagian 4.3.

"Menghindari penumpukan pada kategori yang sudah terlalu banyak; App Store memiliki cukup banyak aplikasi sendawa, senter, meramal, kencan, minum, Kama Sutra, dll. Kami akan menolak aplikasi ini kecuali mereka memberikan pengalaman unik dan berkualitas tinggi," tulis Apple.

Apple juga akan menganggap jenis aplikasi tertentu sebagai spam. "Kami cukup memiliki jenis aplikasi ini di App Store dan mereka akan dianggap sebagai spam," sambung Apple.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Apple Gulirkan iOS 15.1 dan iPadOS 15.1, Atasi Sejumlah Bug

iOS 15
Perbesar
Apple resmi umumkan kehadiran iOS 15 di WWDC 2021. (Doc: Apple)

Sebelumnya, Apple menggulirkan pemutakhiran untuk iOS 15 dan iPadOS 15. Karenanya, pengguna iPhone dan iPad kini telah dapat mengunduh iOS 15.1 maupun iPadOS 15.1.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Senin (4/10/2021), pembaruan ini tidak banyak membawa fitur anyar, hanya mengatasi sejumlah bug yang dikeluhkan beberapa pengguna. Salah satunya adalah peringatan memori yang sudah penuh usai memasang iOS 15.

Oleh sebab itu, salah satu solusi yang dihadirkan lewat pembaruan ini mengatasi hal tersebut. Lewat pembaruan ini, Apple juga membenahi fitur buka kunci layar iPhone 13 dengan Apple Watch yang tidak dapat berfungsi.

Terakhir, iOS 15.1 dan iPadOS 15.1 mengatasi fungsi meditasi audio yang tiba-tiba memulai latihan di Apple Watch untuk sejumlah pelanggan Fitness Plus. Untuk melakukan pembaruan, pengguna tinggal membuka menu Settings, pilih General dan Software Update.

Sebagai informasi, Apple baru saja menggulirkan iOS 15 dan iPadOS 15 pada 20 September 2021. Sebelum digulirkan untuk publik, Apple sendiri sudah membuka akses beta publik untuk sistem operasi terbaru ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Deretan Fitur Baru di iOS 15

iOS 15
Perbesar
Apple tingkatkan fitur privasi Mail dan Safari di iOS 15. (Doc: Apple)

Apple resmi menggulirkan iOS 15 untuk para pengguna iPhone di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Ada berbagai fitur dan update yang hadir untuk pengguna melalui sistem operasi terbaru ini. Salah satu yang digarisbawahi adalah fitur baru pada FaceTime.

Mengutip 9to5Mac, Selasa (21/9/2021), FaceTime menjadi fitur penting yang banyak dipakai pengguna iPhone selama pandemi Covid-19.

Untuk itulah, Apple membuat FaceTime lebih mudah saat melakukan panggilan lintas platform, meningkatan kualituas video dan audio, dan lain-lain. Berikut sejumlah fitur baru dan peningkatan di iOS 15:

1. FaceTime

- Spatial audio: pada panggilan grup, suara terdengar seperti berasal dari arah posisi orang tersebut di layar. Hal ini diklaim membuat percakapan mengalir lebih alami.

- Grid view: Grid view menampilkan orang-orang yang tengah melakukan panggilan FaceTime dalam ukuran yang sama.

- Portrait mode: Terinspirasi dari mode Portrait di kamera, efek video ini memberikan fokus pada pengguna dan latar belakang buram.

- Undang siapa saja ke FaceTime: Pengguna kini bisa mengundang teman dan keluarga ke dalam FaceTime melalui link (tautan), meski orang yang diundang memakai Windows atau Android.

- Mic modes: Terdapat fitur baru isolasi suara yang meminimalisasi suara noise pada layar belakang, sementara suara pengguna ditempatkan di tengah dan depan agar lebih terdengar jelas.

Ketika ada suara atau musik di sekitar yang sama pentingnya dengan suara si pengguna, Spektrum Lebar membiarkan suara tersebut tetap terdengar.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Focus

Penjualan perdana iPhone 13
Perbesar
Penjualan perdana iPhone 13 di Apple Fifth Avenue, NYC. (Foto: Apple Newsroom)

Ketika pengguna mencari cara baru untuk mengelola notifikasi dan meningkatkan notifikasi, iOS 15 dan iPadOS 15 memberikan peningkatan besar dalam kategori tersebut.

Focus pun akan memungkinkan pengguna menyesuaikan notifikasi, layar Utama, membagikan Status pengguna di Pesan, dan banyak lainnya.

3. Shared With You

Fitur baru di iOS 15 antara lain adalah Shared With You. Fitur ini memudahkan pengguna menemukan konten yang dibagikan oleh teman.

"Konten yang dibagikan kepada Anda melalui Messages akan muncul otomatis pada sesi Shared with You di aplikasi terkait. Dengan begitu pengguna akan lebih nyaman menikmatinya," kata Apple dalam update iOS 15.

Lebih lanjut disebutkan pula, Shared With You akan ditampilkan di Photos, Safari, Apple News, Apple Music, Apple Podcast, dan Apple TV.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Aplikasi Weather (Cuaca)

Apple Resmi Rilis iPhone 13
Perbesar
CEO Apple Tim Cook dengan iPhone 13 Pro Max dan Apple Watch Series 7 selama acara khusus di Apple Park di Cupertino, California (14/9/2021). Dalam acara peluncuran, Tim Cook bangga engumumkan generasi iPhone terbaru kami, yaitu iPhone 13. (Brooks Kraft/Apple Inc. /AFP)

Aplikasi Weather hadir dengan desain baru, notifikasi realtime, animasi lebih indah, dan lain-lain. Desain baru ini disusun ulang berdasarkan kondisi terkini di wilayah pengguna.

Misalnya di luar hujan atau segera turun hujan, aplikasi akan menyesuaikan tata letaknya untuk menampilkan prakiraan jam, curah hujan, dan radar di bagian atas.

5. Safari

Setelah banyak perubahan di pengujian beta, Safari pada iOS 15 dan iPadOS 15 menampilkan desain baru secara keseluruhan. Di iPhone, Safari kini punya tab/ bilah alamat yang terletak di bagian bawah antarmuka.

Sementara pada iPad, bilah tab nya pun didesain ulang. iOS 15 dan iPadoS 15 juga menampilkan fitur Grup Tab baru di Safari.

Hal ini memungkinkan pengguna menyimpan dan mengatur Tab serta beralih dengan mudah. Grup Tab juga menyinkronkan semua perangkat, sehingga pengguna bisa mengakses dari perangkat Apple apa pun.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis keuntungan Apple dan perusahaan lain tiap detiknya

Keuntungan perusahaan tiap detik
Perbesar
Infografis keuntungan Apple dan perusahaan lain tiap detiknya (Sumber: TittleMax)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya