Sukses

Jadi Korban Peretasan, Tampilan Background Web Twitch Diubah Pake Muka Jeff Bezos

Twitch kembali jadi korban peretasan, kali ini tampilan web Twitch diubah menjadi muka Jeff Bezos.

Liputan6.com, Jakarta - Selama beberapa jam, pagi ini, Sabtu 8 Oktober 2021, hacker mengubah tampilan web Twitch. Si hacker juga mengganti background laman web Twitch yang mulanya menggunakan gambar sejumlah gim, berubah jadi foto mantan CEO Amazon Jeff Bezos.

Seorang pengguna Reddit sempat memperhatikan, web Twitch menggunakan gambar wajah Jeff Bezos sebagai latar belakang sejumlah gim yang terdaftar di direktori Twitch.

Mengutip The Verge, Sabtu (8/10/2021), pengguna melaporkan sempat melihat gambar Jeff Bezos dalam daftar untuk GTA V, Dota 2, Smite, Minecraft, dan banyak lainnya di layanan streaming gim milik Amazon ini.

Sejauh ini belum ada jelasan terkait bagaimana gambar background web Twitch di-deface dan adakah kaitannya dengan insiden peretasan dan kebocoran data di Twitch awal pekan ini.

Sebelumnya Twitch mengungkapkan penyebab peretasan dan kebocoran data karena si peretas mengeksploitasi kesalahan konfigurasi server dan mencuri ratusan gigabyte informasi dari Twitch.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deface Tampilan Gara-Gara Peretasan Sistem Twitch?

Pihak Twitch masih menyelidiki tentang pelanggaran data tersebut. Sejauh ini disebutkan, data yang diakses peretas adalah source code situs web, proyek yang belum dirilis, dan informasi pembayaran para streamer populer.

Seorang mantan karyawan Twitch mengingatkan, penyerang kini bisa melihat pintasan dan API untuk layanan internal Amazon karena kebocoran data tersebut. Sehingga, sangat mungkin kebocoran data tersebutlah yang mengungkap beberapa kode yang memungkinkan orang men-deface gambar latar belakang web Twitch.

Namun ada pula yang menyebutkan kasus deface tampilan web ini hanyalah kasus cache poisoning. Twitch dikatakan bergantung pada metode yang berbeda untuk men-cache gambar dan mungkin itulah yang jadi masalah.

 

3 dari 4 halaman

Kebocoran Data Twitch

Sebelumnya, platform streaming game Twitch mengkonfirmasi bahwa mereka telah mengalami pelanggaran data berskala besar.

"Kami dapat mengkonfirmasi pelanggaran telah terjadi pelanggaran data," kata juru bicara Twitch melalui akun Twitter, dikutip dari The Verge, Kamis (7/10/2021).

Lebih lanjut sang juru bicara juga mengungkap, "Tim kami bekerja dengan urgensi untuk memahami sejauh mana masalah ini. Kami akan memberikan update kepada komunitas segera setelah ada tambahan informasi."

Menurut informasi, sejauh ini peretas telah membocorkan data yang mencakup source code untuk layanan streaming perusahaan.

Data source code tersebut adalah milik produk Amazon Game Studios yang belum dirilis. Informasi lain yang juga telah bocor adalah detail pembayaran kreator.

Sebelumnya, sebuah poster anonim di di 4chan messaging board merilis torrent dengan kapasitas 128GB. Si pengunggah mengklaim isi dari file tersebut mencakup keseluruhan riwayat Twitch.

File tersebut diberi label "part one", memperlihatkan bahwa mungkin masih ada lagi file-file hasil peretasan Twitch.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Bisnis Game di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.