Sukses

Internet Sehat dan Aman: Ini 6 Etika yang Harus Kamu Terapkan dalam Berinternet

Beberapa etika dana berinternet, agar kamu tetap merasa aman dan sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Internet telah mengubah pola hidup serta budaya manusia dalam melakukan kegiatan belajar, bekerja, komunikasi, belanja, dan lainnya.

Saat ini masyarakat sudah berada di fase nyaman menggunakan internet dalam berkomunikasi serta social networking yang dianggap lebih efektif dan efisien.

Dilansir situs web resmi Kemkominfo, (5/10/2021), berdasarkan survei yang dilakukan Markplus Insight, jumlah pengguna internet di Indonesia didominasi oleh generasi muda berusia 15-30 tahun yang biasa disebut "netizen".

Mereka berkomunikasi di dunia maya sama halnya seperti mereka berkomunikasi di dunia nyata. Berbagai informasi yang didapatkan juga semakin terbuka, baik konten positif maupun negatif.

Berbagai konten negatif yang ditemukan saat berinternet antara lain pornografi, perjudian online, hingga berita bohong atau hoaks.

Cyberbullying yang merupakan dampat negatif, biasanya menimpa anak-anak dengan rentang usia menuju remaja hingga dewasa. Bahkan kejahatan dunia maya yang dikenal dengan cybercrime sudah sampai pada peretasan situs-situs penting dalam negeri.

Untuk menghindari berbagai dampak negatif di dunia maya, pengguna internet diharuskan untuk menanamkan sejak dini pembelajaran etika berinternet secara sehat dan aman.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Ikuti yang Baik, Jauhkan yang Buruk

Luangkan waktu sebentar untuk berhenti mengikuti akun atau pengguna apa pun yang membuat kamu merasa buruk tentang diri sendiri atau dunia pada umumnya.

Kamu harus mulai menjauhi seseorang yang efeknya hanya dapat menimbulkan kebencian bagi diri kamu sendiri. Pilihlah sesuatu yang memicu banyak kegembiran.

3 dari 8 halaman

Sebarkan Konten Positif

Seharusnya tahap ini tidak terlalu sulit untuk kamu setelah melewati tahap di atas, yaitu filter pengikut di media sosial yang isinya dapat memicu kegembiraan dan kesenangan untuk diri sendiri.

Cobalah untuk mulai membagikan sesuatu yang lucu, pastikan apa yang kamu tulis dan buat sama positifnya.

Alih-alih membuat postingan negatif seperti "Saya sangat stres dan semuanya terasa sangat menjengkelkan," cobalah sesuatu positif seperti, "Saya baru saja menyelesaikan proyek ini, dan saya sudah bekerja sangat keras untuk itu."

4 dari 8 halaman

Beri Ulasan Positif

Banyak aplikasi belanja online atau penyedia jasa yang meminta ulasan setelah kita di tahap penyelesaian menggunakan aplikasi itu. Ulasan merupakan suatu hal yang cukup penting dan sering kita lupa bahwa ulasan tidak hanya untuk pengalaman buruk saja.

Usahakan untuk meninggalkan ulasan positif agar bisa mempengaruhi dan mengundang orang banyak untuk menggunakan aplikasi tersebut.

5 dari 8 halaman

Melaporkan Intimidasi dan Kebencian Secara Anonim

Sebagian besar platform media sosial memiliki cara untuk melaporkan postingan atau komentar secara anonim yang bertentangan dengan standar mereka.

Jadi, buatlah internet menjadi tempat yang lebih ramah dengan menandai cyberbulling dan konten berbahaya lainnya.

6 dari 8 halaman

Bersikap Baik Saat Menanggapi Komentar

Ketika kamu melihat sesuatu yang keren dan bersifat positif, jangan sungkan untuk berikan beberapa pujian atau sesekali berkontribusi positif untuk diskusi dengan komentator lain.

7 dari 8 halaman

Berikan Beberapa Saran

Internet merupakan tempat yang sangat mudah untuk mengajukan pertanyaan, baik pertanyaan umum maupun pertanyaan mendesak.

Berikan beberapa kata bijak yang dapat membangun seseorang.

Penulis : Azarine Natazia

8 dari 8 halaman

Infografis Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini