Review Xiaomi Redmi 10: Smartphone Rp 2 Jutaan dengan Kamera 50MP dan Layar 90Hz

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 05 Okt 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 06 Okt 2021, 17:03 WIB
Redmi 10
Perbesar
Redmi 10, bodi belakang. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Xiaomi merilis smartphone kelas entry level terbarunya, Redmi 10. Smartphone yang dibanderol mulai Rp 2 jutaan ini didukung dengan kamera 50MP untuk menjepret momen terbaik.

Di samping itu, Redmi 10 juga sudah dibekali chipset MediaTek Helio G88 untuk mendukung performa gaming-nya. Guna memaksimalkan pemakaian untuk berbagai kebutuhan, Redmi 10 juga didukung baterai 5.000mAh yang tahan lama.

Sementara, dukungan entertainment Xiaomi Redmi 10 diserahkan pada layar 6,5 inci Full HD dengan refresh rate 90Hz dan fitur AdaptiveSynch. Keluaran audionya pun powerful dengan dual-stereo speaker.

Bagaimana pengalaman kami menggunakan Redmi 10, yuk simak ulasan berikut ini.

Desain

Redmi 10 hadir dengan desain yang mirip dengan Redmi series lainnya. Layar 6,5 inci dengan lubang alias dot display untuk menempatkan kamera selfie dan bezel yang cukup tipis.

Unit Redmi 10 yang kami ulas adalah varian warna Carbon Grey dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB. Bicara soal bodi Redmi 10, perangkat ini memiliki tekstur bodi belakang yang halus dan licin ketika dipegang.

Dengan begitu, pengguna akan membutuhkan casing pelindung agar smartphone tak mudah tergelincir ketiga digenggam. Xiaomi sudah menyediakan casing silikon di boks penjualan Redmi 10.

Beralih ke desain kamera utama yang diletakkan di sisi kiri belakang smartphone, terdapat perbedaan dengan seri Redmi Note 10. Redmi 10 didukung empat kamera utama, penempatan kamera 50MP diletakkan di bagian paling atas, diikuti kamera lainnya dan LED flash.

Bingkai kamera Redmi 10 juga dibuat agak menonjol seperti milik Redmi Note 10 series. Sehingga pengguna yang tidak menggunakan casing harus hati-hati menaruh perangkat, jika tidak, frame kamera bisa tergores.

Redmi 10 juga telah menggunakan USB type C untuk pengisian daya, lengkap dengan dual speaker stereo di sisi bawah.

Kemudian tombol volume ditempatkan di sisi kiri perangkat, bersama dengan tombol Power yang juga berfungsi sebagai fingeprint scanner. Bicara fingerprint scanner, Redmi 10 mampu membaca fingerprint dengan cukup cepat.

Redmi 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

SIM card tray yang mampu memuat dua SIM card dan satu micro SD card ditempatkan di sisi kiri perangkat. Sementara, pada sisi atas Redmi 10, Xiaomi masih mempertahankan jack audio 3,5mm. Di bagian tersebut juga terdapat speaker, earpiece, hingga Infrared.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Layar

Redmi 10
Perbesar
Redmi 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Seperti disebutkan, Redmi 10 mengusung layar 6,5 inci dengan resolusi Full HD Plus. Ketika digunakan untuk streaming YouTube atau Netflix, perangkat bisa menampilkan gambar yang yang jernih dan memanjakan mata.

Selain itu, layar Redmi 10 juga didukung refresh rate 90Hz dengan fitur AdaptiveSynch.

Pengalaman kami, refresh rate 90Hz menghadirkan pengalaman scroll layar yang lebih mulus dan smooth, terutama untuk main gim, dibandingkan dengan refresh rate standar.

Sementara, AdaptiveSynch pada layar Redmi 10 memungkinkan perangkat untuk lebih hemat daya. Pasalnya, Adaptive Synch merupakan fitur yang ditanamkan pada smartphone dengan refresh rate tinggi (dalam hal ini 90Hz ke atas).

Fitur ini memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan yang menentukan refresh rate sesuai aktivitas pengguna. Misalnya ketika pengguna melakukan aktivitas yang butuh refresh rate tinggi seperti ngegim atau scrolling layar, refresh rate disesuaikan ke 90Hz.

Namun jika aktivitas atau aplikasi yang dibuka tidak membutuhkan refresh rate tinggi, otomatis kecerdasan buatan Xiaomi bakal menurunkan refresh rate ke 60Hz.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Performa dan Gaming

Redmi 10
Perbesar
Penampakan Redmi 10 bersama kotak penjualan (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Dibekali chipset MediaTek Helio G88, Redmi 10 menawarkan performa yang andal untuk smartphone di kelasnya.

Hasil AnTuTu Benchmark Redmi 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Apalagi, perangkat yang kami review memiliki RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Performa perangkat terasa mulus untuk mengerjakan berbagai tugas sehari-hari. Mulai dari chatting, mengakses media sosial, menonton streaming video, hingga main gim terbaru.

Hasil tes work PC Mark Redmi 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Performa untuk kegiatan entertainment Redmi 10 pun kian lengkap dengan dual-stereo speaker. Output suara yang dihasilkan terbilang cukup mantap untuk smartphone di kelasnya. Misalnya, untuk mendengarkan lagu, main gim, hingga nonton video di YouTube, suara yang dihasilkan mumpuni.

Kami membuktikan performa Redmi 10 dengan main gim terbaru Free Fire Max yang sedang digandrungi oleh para mobile gamers Indonesia.

Ketika dipakai main Free Fire Max, Redmi 10 mampu menampilkan grafis hingga tingkat Ultra, resolusi High, FPS Tinggi, dan notch pun bisa disentuh saat bemain.

Main FF Max di Redmi 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Sementara, grafis yang dihasilkan juga cukup baik dan lebih nyata ketimbang main Free Fire. Perangkat tidak membuat permainan ngelag atau pun patah-patah. Dengan begitu, pengalaman main gim berlangsung dengan baik dan menyenangkan.

Lalu, saat dipakai untuk main PUBG Mobile, Redmi 10 mampu menampilkan setting grafis hingga HD dan frame rate High. Pengalaman main PUBG Mobile di Redmi 10, cukup lancar dan tidak ada lag.

Kendati demikian, ketika dipakai main selama sekitar 30 menitan, bodi belakang Redmi 10 terasa sudah agak hangat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Baterai

Redmi 10
Perbesar
Redmi 10 menggunakan port USB type C. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Redmi 10 didukung baterai berkapasitas 5.000mAh dengan pengisian daya fast charging 18W. Kendati begitu, di dalam boks penjualan, Xiaomi sudah menyertakan charger 22,W. Dengan begitu pengisian daya bisa lebih cepat.

Pengalaman kami, Redmi 10 bisa diisi daya dari 0 hingga 86 persen dalam waktu satu jam lebih sedikit. Untuk pengisian dari 0-100 persen kemungkinan butuh waktu 1 setengah jam atau lebih sedikit.

Berdasarkan pengalaman pemakaian pula, untuk penggunaan gaming main Free Fire 1 gim (sekitar 20 menitan), baterai perangkat sudah agak menghangat.

Hasil tes baterai Redmi 10 PC Mark (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Kendati begitu, daya baterai yang terpakai dari pengisian 86 persen untuk satu gim tersebut hanya 8 persen. Karena ketika dipakai main sepanjang waktu 20 menitan, sisa baterai adalah 78 persen (dari sebelumnya 86 persen).

Dengan kapasitas baterai tersebut ditambah dengan prosesor yang hemat daya, Redmi 10 bisa bertahan hingga 1,5 hari untuk pemakaian normal. Misalnya untuk ngegim, main media sosial, steraming video YouTube, dan lain-lain.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kamera

Redmi 10
Perbesar
Redmi 10, frame kamera (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Kamera jadi salah satu fitur unggulan utama di Redmi 10. Bagaimana tidak, dibanderol seharga Rp 2 jutaa, Redmi 10 sudah dilengkapi dengan kamera utama 50MP yang mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Kamera lain yang juga tersedia di Redmi 10 adalah lensa ultrawide 8MP, lensa makro 2MP, dan depth sensor 2MP. Sementara untuk kebutuhan selfie, ada kamera depan 8MP.

Hasil foto Redmi 10, selfie (liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Untuk perekaman video, Redmi 10 mendukung perekaman resolusi 1080p dengan 30fps dan 720p dengan 30fps.

Redmi 10 juga memiliki beberapa mode pengambilan gambar, seperti Pro foto, di mana pengguna bisa menyesuaikan sendiri fokus, ISO, dan lain-lainnya.

Terdapat pula pengambilan gambar Makro, Portrait, video slow motion, timelapse, mode malam, short video, panorama, hingga pengambilan gambar resolusi 50MP.

Nah, berikut adalah sejumlah hasil pengambilan gambar dengan Redmi 10.

Hasil foto Redmi 10 (liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Hasil foto Redmi 10, wide-angle (liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Hasil foto Redmi 10, resolusi tinggi (liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Hasil foto Redmi 10, resolusi tinggi (liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Hasil foto Redmi 10, makro (liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Hasil foto Redmi 10, malam hari tanpa night mode. (liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Hasil foto Redmi 10, malam hari dengan night mode (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Fitur Lainnya

Redmi 10
Perbesar
Redmi 10 masih mempertahankan jack audio 3,5mm (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Redmi 10 sudah menjalankan MIUI 12.5 yang berbasis Android 11.

Selain itu, Redmi 10 juga didukung IR blaster, dual speaker stereo, hingga jack audio 3,5mm. Seperti dijelaskan sebelumnya, dual speaker memungkinkan audio lebih mumpuni untuk mendukung fungsi entertaiment-nya.

Redmi 10 juga dibekali fitur expandable RAM. Nah, lewat fitur ini, pengguna bisa memanfaatkan memori internal yang ada untuk diubah menjadi RAM.

Cara mengaturnya adalah dengan membuka menu Setting atau Pengaturan, masuk ke menu Additional Setting.

Fitur RAM Expansion Redmi 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Di sana akan ada fitur bernama Memori Extension. Pengguna tinggal mengaktifkan fitur tersebut, nantinya RAM bisa ditambah sebesar 2GB (Sehingga total RAM menjadi 6GB + 2GB = 8GB).

Disebutkan pula, fitur ini hanya bisa digunakan ketika terdapat memori internal yang masih tersedia di perangkat.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kesimpulan

Redmi 10
Perbesar
Redmi 10, kelengkapan di dalam boks (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Secara keseluruhan, Redmi 10 bisa saja menjadi perangkat smartphone entry level yang memenuhi kebutuhan pengguna.

Mengingat kini pengguna memakai smartphone bukan hanya untuk komunikasi semata tetapi juga untuk bekerja, meeting online, main gim, bersosialisasi di media sosial, hingga streaming konten, berbagai hardware dan fitur Redmi 10 bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Baterai yang bongsor pun menjamin pengguna bisa memakai Redmi 10 hingga seharian untuk memenuhi aktivitas online.

Redmi 10 pun bisa dipakai untuk main gim PUBG Mobile dan Free Fire Max dengan baik meski harus diakui, bodi perangkat tidak terhindarkan dari suhu yang menghangat.

Terlepas dari itu, hasil jepretan Redmi 10 juga cukup apik di berbagai kondisi. Untuk siang maupun malam hari, kamera Redmi 10 cukup memenuhi kebutuhan pengguna.

Kebutuhan multitasking pun makin terpenuhi dengan fitur ekspansi RAM, yang memungkinkan pengguna menambah besaran RAM dengan mengambilnya dari memori internal yang tersedia, hingga maksimal 2GB. Total RAM yang disajikan pun bisa mencapai 8GB.

Mereka yang suka menonton streaming musik di YouTube atau film di aplikasi Netflix dkk juga makin dimanjakan dengan output suara yang menggelegar berkat fitur dual speaker stereo. Selain itu tentunya, tampilan layar lega 6,5 inci menyuguhkan hiburan yang cukup baik bagi pengguna.

Di atas itu semua, harga Redmi 10 yang dibanderol mulai Rp 2,3 jutaan (varian 6GB/12GB) menjadikan smartphone ini sebagai salah satu satu perangkat entry level yang cocok untuk dipilih pengguna.

Bagi yang ingin lebih terjangkau, kamu bisa memilih Redmi 10 dengan varian 4GB/64GB dengan harga Rp 1,99 juta. 

(Tin/Isk)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis

Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal
Perbesar
Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya