Sukses

UI Tawarkan 16 Mata Kuliah Online Ilmu Komputer Bagi Masyarakat Lewat MOOC

16 mata kuliah massive open online course (MOOC) ditawarkan demi memberikan kesempatan kepada masyarakat seluas-luasnya untuk memperoleh kualitas pendidikan yang sama layaknya mahasiswa UI

Liputan6.com, Jakarta - Fasilitas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) menawarkan 16 mata kuliah massive open online course (MOOC) bidang ilmu komputer dan sistem informasi, bagi peserta pendidikan perguruan tinggi jenjang sarjana dan Magister.

Dari 16 mata kuliah yang ditawarkan di semester gasal tahun akademik 2021/2022 ini, mata kuliah Kecerdasan Artifisial dan Sains Data menjadi topik populer yang ditawarkan, bersama dengan beberapa mata kuliah lainnya.

Mata kuliah Kecerdasan Buatan atau artificial intelligence/ AI dan Sains Data Dasar mengajarkan peserta untuk mengembangkan suatu sistem dengan kercerdasan yang didemonstrasikan oleh mesin, ketimbang oleh manusia.

Dalam konteks ini, menurut siaran pers UI yang diterima Tekno Liputan6.com, peserta juga diajak untuk mempelajari peran dari sains data dalam proses pengembangan sistem.

"Program MOOC ini memberikan kesempatan kepada masyarakat seluas-luasnya untuk memperoleh kualitas pendidikan yang sama layaknya mahasiswa UI," kata Petrus Mursanto, Pejabat Dekan Fasilkom UI, ditulis Senin (4/10/2021).

Mursanto menambahkan, akses pembelajaran sangat fleksibel dan bersifat self-paced learning, sehingga dapat diakses secara daring tanpa terbatas jarak maupun waktu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 SKS

Setiap mata kuliah yang ditawarkan terdiri dari tiga atau empat satuan kredit semester (SKS).

Para peserta yang terdaftar akan mendapatkan akses materi pembelajaran secara daring yang dikelola oleh masing-masing dosen pengampu. Selanjutnya, akan dilakukan evaluasi di akhir semester terhadap performa mereka.

Peserta yang mengambil mata kuliah bersistem credit earning, nilainya akan diberikan dalam bentuk transkrip nilai yang dikeluarkan secara resmi oleh UI.

Pihak UI mengatakan, perkuliahan MOOC dilaksanakan secara daring dengan metode asinkronous. Dalam hal ini, dosen dapat menyiapkan materi terlebih dulu dan interaksi pembelajaran dilakukan secara fleksibel, tidak harus dalam waktu yang sama.

Metode tersebut misalnya menggunakan forum diskusi atau belajar mandiri atau penugasan peserta.

Materi perkuliahan juga bisa disimak melalui rekaman video dan membaca bahan perkuliahan yang dibagikan secara daring.

3 dari 4 halaman

Menyediakan Akses dan Luas

Apabila peserta memiliki pertanyaan maupun diskusi, mereka bisa menghubungi dosen yang bersangkutan melalui email atau forum diskusi pada platform pembelajaran yang disediakan oleh UI.

Dengan adanya MOOC, Fasilkom UI diharapkan mampu menyediakan akses yang luas dan adil untuk pendidikan dan pengajaran yang berkualias, kepada masyarakat luas di luar lingkungan fakultas.

Daftar lengkap mata kuliah yang ditawarkan Fasilkom UI sendiri bisa diakses melalui laman web https://cs.ui.ac.id/mooc/.

Mata kuliah MOOC diajarkan langsung oleh dosen ahli di bidangnya masing-masing.

Para dosen tersebut diantaranya adalah Prof. Aniati Murni; Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko; Prof. Heru Suhartanto, Ph.D.; Betty Purwandari, Ph.D.; Dr. Indra Budi; dan Dr. Ade Azurat.

Lalu dosen lainnya adalah Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D.; Dr. Panca Hadi Putra; Dr. Eng. Laksmita Rahadianti; Bayu Anggorojati, Ph.D.; Fariz Darari, Ph.D.; Ari Wibisono, M.Kom.; Ave A. Pinem, M.Kom.; Widia Resti Fitriani, M.Kom.; dan Grafika Jati, M.Kom.

4 dari 4 halaman

Infografis Uji Coba Belajar Tatap Muka Sekolah di Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.