Sukses

Review Xiaomi Pad 5: Tablet Paket Lengkap Harga Rp 5 Jutaan

Berikut ini adalah ulasan singkat dari Tekno Liputan6.com mengenai Xiaomi Pad 5 yang baru saja meluncur di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja memperkenalkan tablet terbarunya untuk pasar Indonesia, yakni Xiaomi Pad 5. Perangkat ini merupakan tablet perdana Xiaomi setelah hampir tiga tahun tidak merilis produk serupa.

Hadir dengan harga Rp 5 juta, Xiaomi sudah membekali tablet ini dengan spesifikasi yang terbilang mumpuni. Dari sisi chipset, ada Snadpragon 860 yang dipadukan dengan RAM 6GB dan ROM 256GB.

Sementara untuk layar, Xiaomi Pad 5 memiliki layar berukuran 11 inci WQHD dan memiliki refresh rate 120Hz. Kemampuan multimedia tablet ini didukung juga dengan Dolby Vision dan Dolby Atmos.

Lantas, bagaimana dengan pengalaman pemakaian yang ditawarkan tablet Xiaomi paling baru ini dengan spesifikasi tersebut? Nah, Tekno Liputan6.com pun berkesempatan menjajal tablet ini selama kurang lebih satu pekan. Seperti apa pengalamannya? Simak ulasan kami berikut ini.

Desain

Kesan pertama kami saat melihat Xiaomi Pad 5 adalah desainnya terbilang kokoh. Maksudnya, sudut-sudut tablet ini dibuat menyiku, tidak begitu membulat, membuatnya terlihat lebih kokoh dan memberikan kesan premium.

Xiaomi membekali tablet ini dengan empat speaker yang memiliki konfigurasi dua di bagian atas dan dua di bagian bawah. Pada bagian atas, diletakkan pula tombol power, sedangkan pada bagian bawah ada port USB Type-C.

Penampilan Xiaomi Pad 5 yang baru meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Sisi kiri bodi ada port untuk menyambungkan dengan keyboard. Sementara di sisi kanan, pengguna akan menemukan tombol volume dan magnet untuk meletakkan stylus.

Penampilan Xiaomi Pad 5 yang baru meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Kebetulan, kami menjajal Xiaomi Pad 5 varian pearl white dengan tampilan yang mengingatkan dengan warna putih di smartphone Xiaomi. Bodi belakang tablet ini juga tidak licin, sehingga membuatnya nyaman digenggam baik dengan satu atau dua tangan.

Meski tablet ini nyaman digenggam dan memiliki tampilan mewah, kami merasa bodi belakang Xiaomi Pad 5 tidak bebas bekas sidik jari. Karenanya, kami rasa pemakaian case dapat menjaga tablet ini tidak mudah kotor.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa

Seperti disebutkan di atas, Xiaomi Pad 5 hadir dengan layar 11 inci WQHD dan memiliki refresh rate 120Hz. Sementara urusan performa diserahkan pada chipset Snapdragon 860 yang dipadukan RAM 6GB.

Selama pemakaian, kami merasa kombinasi keduanya menghasilkan pengalaman yang memanjakan pengguna. Berbekal layar 11 inci dan refresh rate tinggi, interaksi dengan menu di tablet terasa mulus dan lancar.

Kami tidak merasakan adanya hambatan saat berpindah antar aplikasi, termasuk ketika menutup atau membuka aplikasi baru. Mulai dari mendengarkan lagu, mengikuti video conference, hingga menonton film, seluruhnya bisa dilakukan dengan baik.

Saat diajak untuk bermain game, Xiaomi Pad 5 mampu menjalankannya tanpa masalah. Kami sempat mencoba beberapa game, seperti PUBG Mobile, Asphalt 9, dan Call of Duty: Mobile. Hasilnya, game tersebut dapat dimainkan tanpa lag dan ditampilkan dalam grafis tinggi.

Penampilan Xiaomi Pad 5 yang baru meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Kemampuan tablet ini saat digunakan untuk video conference sudah mumpuni. Dengan kamera depan 8MP, hasil yang ditampilkan saat digunakan dalam panggilan video terbilang jernih.

Tangkapan suara pun terbilang bagus, meski kami tidak menggunakan earphone saat melakukan panggilan. Hanya, posisi kamera yang akan berada di samping saat tablet dalam kondisi landscape membuat pengguna perlu melakukan penyesuaian letak sehingga tampilannya lebih nyaman dilihat.

Beralih ke software, Xiaomi Pad 5 menjalankan MIUI 12.5 berbasis Android 11. Meski hadir di tablet, tampilan MIUI 12.5 tidak berubah banyak apabila dibandingkan dengan yang ada di smartphone.

Hal ini tentu memudahkan pengguna untuk beradaptasi, terutama bagi mereka pengguna smartphone Xiaomi. Namun, kami merasa tampilan ini belum begitu optimal di tablet, terutama saat akses multi-tasking dalam satu layar.

Penampilan Xiaomi Pad 5 yang baru meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Alasannya, belum ada akses cepat untuk membuka dua aplikasi sekaligus, kami masih perlu mengakses Recent Apps terlebih dulu. Hal ini sebenarnya minor dan kemungkinan dapat dioptimalkan dengan update software.

3 dari 4 halaman

Multimedia dan Baterai

Beralih ke pengalaman multimedia, Xiaomi Pad 5 hadir dengan empat speaker yang membuat keluaran suaranya tidak hanya hanya kencang, tapi juga detail. Karenanya, pengalaman saat menonton video dan mendengarkan musik terasa lebih mantap.

Tidak hanya itu, Xiaomi juga sudah membekali tablet ini dengan teknologi Dolby Vision dan Dolby Atmos. Berbekal kedua teknologi itu, pengalaman menonton maupun mendengarkan musik di layanan yang sudah mendukung menjadi lebih hidup.

Keseluruhan performa tersebut disokong dengan baterai berkapasitas 8.720mAh yang sudah mendukung kemampuan fast charging 33W. Berdasarkan pengalaman kami, kemampuan baterai Xiaomi Pad 5 dapat diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dalam skenario normal, seperti sesekali menonton serial di Netflix, mendengarkan lagu di kala kerja, menonton video di YouTube di sela makan siang, termasuk melakukan video conference sekitar 2 jam, hingga bermain game 30 menit di malam hari, tablet ini mampu bertahan hingga hampir dua hari.

Kemampuan itu ditunjang dengan fitur fast charging yang terbilang apik untuk ukuran tablet. Dari kondisi baterai 20 persen menuju 100 persen, waktu yang dibutuhkan sekitar dua jam.

Penampilan Xiaomi Pad 5 yang baru meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Mengingat Xiaomi Pad 5 merupakan sebuah tablet, skenario penggunaan kamera belakang dalam aktivitas sehari-hari kemungkinan tidak terlalu sering. Kendati demikian, kamera belakang 13MP yang ada di tablet ini terbilang baik. Berikut ini adalah beberapa hasil tangkapannya.

Hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi Pad 5. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi Pad 5. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi Pad 5. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kami menilai Xiaomi Pad 5 merupakan tablet yang bisa diandalkan untuk aktivitas sehari-hari, terutama kebutuhan Work from Home maupun School from Home di masa pandemi saat ini.

Berbekal aksesori tambahan, seperti keyboard, pengalaman produktivitas yang ditunjang bodi ringkas menjadi daya tarik dari tablet ini. Terlebih, Xiaomi mengatakan juga akan menghadirkan keyboard dan stylus untuk tablet ini, sehingga pengalaman yang diberikan menjadi lebih utuh.

Kemampuan itu juga didukung desain tablet yang premium, dan itu menjadi nilai tambah tersendiri bagi Xiaomi Pad 5. Namun tidak hanya soal produktivitas, pengalaman multimedia yang ditawarkan tablet ini juga terbilang baik.

Ada dukungan Dolby Vision dan Atmos ditambah empat speaker, sehingga tablet ini bisa menjadi perangkat alternatif untuk kebutuhan hiburan di rumah.

Untuk itu, dengan kemampuan tersebut dan banderol harga Rp 5 juta, kami merasa Xiaomi Pad 5 bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang membutuhkan tablet dengan kemampuan apik di banyak sektor, tapi tetap berada di kisaran harga menengah.

Hanya sebagai catatan, kami merasa MIUI 12.5 masih perlu dioptimalkan untuk menunjang aktivitas multi-tasking yang lebih mulus. Apabila hal itu nantinya bisa diperbaiki, bukan tidak mungkin pengalaman Xiaomi Pad 5 kian apik.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.