Sukses

5 Fitur Baru WhatsApp yang Bakal Segera Rilis, Apa Saja?

WhatsApp dikabarkan akan merilis lima fitur baru untuk pengguna, apa saja kelima fitur baru WhatsApp yang dimaksud?

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp, aplikasi pesan yang paling banyak dipakai di seluruh dunia terus mengembangkan fitur baru.

Bahkan, fitur-fitur baru WhatsApp ini dikabarkan akan rilis dalam waktu dekat.

Fitur apa saja, berikut adalah daftar 5 fitur baru WhatsApp yang dikabarkan segera rilis dalam waktu dekat, seperti dikutip dari Indian Express, Rabu (29/9/2021).

1. Opsi Last Seen Baru

Dalam waktu dekat WhatsApp disebut-sebut akan menambahkan kemampuan untuk menyembunyikan "last seen" bagi kontak tertentu. Fitur ini pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo dan diharapkan untuk segera mencapai versi stabil.

Berdasarkan informasi dari seorang sumber, opsi baru "last seen" ini akan tersedia untuk pengguna WhatsApp di iOS dan Android.

WhatsApp tengah mengembangkan tool yang memungkinkan pengguna menyembunyikan last seen dari orang tertentu. (Foto WABetaInfo).

Tool privasi baru WhatsApp ini memungkinkan pengguna mengontrol siapa yang bisa melihat "last seen" mereka. WhatsApp pun kabarnya menguji kemampuan untuk mengecualikan kontak tertentu agar tidak bisa melihat "last seen".

Dengan begitu, pengguna bisa menyembunyikan kapan terakhir kali mereka online dari sejumlah orang tertentu, tanpa menyembunyikannya sama sekali.

Dengan mengaktifkan opsi ini, artinya Anda juga tidak bisa melihat kapan terakhir kali pengguna yang dikecualikan online.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Disappearing Chat Alias Chat Otomatis Hilang

Pengguna WhatsApp juga bakal kedatangan fitur disappearing chat atau chat otomatis hilang. Menurut WABetaInfo, mode ini akan tersedia pada chat antarpengguna atau pun grup. Fitur ini merupakan perluasan fari fitur disappearing message yang sudah ada.

Nah, fitur disappearing message terbaru ini dikatakan, "akan secara otomatis mengonversi utas obrolan baru menjadi obrolan singkat (langsung hilang)."

Pengguna disebut-sebut akan menemukan fitur ini di Pengaturan Privasi. Setelah mengaktifkannya, semua pesan di tiap chat atau grup baru akan hilang setelah beberapa waktu.

Jika pengguna tidak ingin semua pesan mereka dihapus, mereka harus mematikan fitur disappearing chat. Belum lama ini, fitur tersebut terlihat di versi beta WhatsApp 2.21.18.7.

3 dari 6 halaman

3. Ikon Editor Grup

Aplikasi pesan milik Facebook ini dikabarkan juga mengembangkan fitur ikon editor grup. Fitur ini pertama kali terlihat di WhatsApp beta versi 2.21.20.2 di Android.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna membuat ikon untuk grup, terutama jika grup tidak memiliki gambar profil.

Pengguna juga bisa memilih warna latar untuk ikon tersebut. Tidak hanya itu, WhatsApp juga menawarkan emoji dan stiker sebagai opsi.

Selain fitur editor ikon grup, layanan perpesanan ini juga mendesain ulang halaman info grup. Pengguna pun bisa melihat tombol chat dan call di depan dan di tengah.

Desain baru ini terlihat pada versi 2.21.190.15 WhatsApp beta untuk iOS. Desain baru ini menawarkan tombol yang lebih besar, untuk obrolan, audio, dan video. Admin juga tampaknya bisa membagikan link undangan.

4 dari 6 halaman

4. Foto atau Video Beresolusi Tinggi

Pengguna WhatsApp pasti tahu, aplikasi pesan ini menerapkan kompresi ukuran besar-besaran untuk video dan foto yang dikirimkan.

Dengan begitu, pengguna bisa mengirimkan foto dan video dengan cepat ke kontak masing-masing.

Nah, menurut WABetaInfo, WhatsApp akan menghadirkan fitur baru ke aplikasinya. Fitur ini memungkinkan pengguna memilih kualitas unggahan video atau foto.

Pengguna pun bisa memilih antara "Kualitas Terbaik" atau mode "Penghemat Data" dan "mode Otomatis".

 

5 dari 6 halaman

5. Kirim Gambar Sebagai Stiker

Belum lama ini WABetaInfo juga melaporkan, WhatsApp akan menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengkonversi gambar secara langsung ke stiker.

Ketika fitur ini digulirkan ke pengguna, mereka akan melihat ikon stiker baru di samping caption bar, ketika mengunggah sebuah gambar ke WhatsApp.

Ketika pengguna memilih ikon tersebut, WhatsApp mengirimkan gambar sebagai stiker, bukan sebagai gambar biasa.

Fitur ini dikabarkan tengah dalam pengembangan dan akan tersedia pada versi WhatsApp desktop 2.2137.3.

(Tin/Isk)

6 dari 6 halaman

Infografis Tentang WhatsApp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.