Sukses

Platform Ini Siap Dukung Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia

Ragam fitur di dalam platform pembelajaran jarak jauh ini mencakup forum, artikel, program, dan berita lain seputar edukasi.

Liputan6.com, Jakarta - Era revolusi industri 4.0 menuntut sektor pendidikan merangkul teknologi digital dalam mendorong lingkungan pendidikan kondusif, futuristik, dan fleksibel di tengah pandemi.

Pembelajaran jarak jauh atau remote learning pun diadopsi sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19. Entitas yang terlibat di dalamnya, yakni tenaga pendidik dan peserta didik, mau tak mau harus beradaptasi dengan kondisi yang tak melibatkan proses tatap muka secara langsung ini.

Hal inilah yang mendorong PointStar Indonesia merilis produk terbarunya, yaitu Kelas Juara. Ia merupakan sebuah platform virtual untuk komunitas pendidik dan siswa di Indonesia sebagai upaya inovatif untuk mendukung sektor pendidikan.

Kelas Juara juga sekaligus menjadi wadah bagi para tenaga pendidik dan peserta didik untuk berkolaborasi dalam sebuah platform komunitas daring untuk membahas perkembangan terbaru seputar teknologi pendidikan.

Platform yang telah berdiri sejak awal 2021 ini memiliki visi menjadi sarana pendidik maupun peserta didik untuk mendapatkan informasi seputar perkembangan teknologi di sektor pendidikan. Ragam fitur di dalam platform pembelajaran jarak jauh ini mencakup forum, artikel, program, dan berita lain seputar edukasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Poin bagi Kontributor

Menariknya, fitur forum Kelas Juara memungkinkan peserta didik dan tenaga pendidik berdiskusi mengenai topik yang berhubungan dengan pendidikan dan membahas hal lainnya. Forum Kelas Juara juga membuka peluang bagi para kontributor untuk mengumpulkan poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah di setiap bulannya.

"Masih ingat dengan kontroversi mengenai Chromebook pemerintah yang ramai dibahas netizen di media sosial? Fenomena daring ini menunjukkan literasi teknologi yang kurang di antara netizen Indonesia. Kelas Juara hadir membahas topik-topik seperti ini untuk memberikan edukasi mengenai perkembangan teknologi pendidikan bagi khalayak umum, dan terutama komunitas tenaga pendidik dan peserta didik di Indonesia," ujar Natanael Sibarani, General Manager PointStar Indonesia.

Selain forum, ada pula seri Podcast yang dapat diputar di kanal Youtube resmi Kelas Juara.

3 dari 4 halaman

Google Workspace for Education

CEO di PointStar Justin Lee menyatakan, sebagai premier partner Google for Education, "PointStar mendukung program-program yang disuguhkan Google demi menunjang penggunaan teknologi pendidikan di Indonesia, termasuk ke dalam fitur-fitur yang tersedia di Kelas Juara."

Google Workspace for Education dan Chromebook for Education juga telah dipilih sebagai sarana pembelajaran resmi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Salah satu fitur unggulan dari Google Workspace for Education adalah Google Classroom, di mana pembelajaran jarak jauh menjadi terpusatkan dan dapat diakses guru dan siswa secara langsung dalam sebuah ruang kelas online.

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.