Sukses

Penipu Raup Bitcoin Rp 985 Juta dari Streaming Palsu Peluncuran iPhone 13

Scammer sukses menggondol US$ 69 ribu (setara Rp 985 juta) usai memancing orang-orang ke situs palsu lewat klaim siaran langsung peluncuran iPhone 13

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Apple meluncurkan produk-produk terbarunya seperti iPhone 13, lewat sebuah acara yang bertajuk "California Streaming" dan disiarkan secara virtual.

Rupanya, acara peluncuran iPhone 13 itu dimanfaatkan oleh penipu atau scammer, yang memalsukan saluran Apple dan memancing orang-orang yang tidak tahu dengan iming-iming Bitcoin gratis.

Dilansir Apple Insider, Selasa (28/9/2021), Zscaler melaporkan bahwa ada kanal YouTube yang mengklaim menyiarkan acara Apple tersebut secara langsung.

Alih-alih menyiarkan peluncuran iPhone 13 secara langsung dan resmi oleh Apple, mereka malah menayangkan wawancara lama dengan CEO Apple Tim Cook.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Iming-Iming Giveaway Bitcoin

Dalam laporannya, Zscaler menyebut, kanal itu juga memperlihatkan sebuah pesan yang meminta pengunjung menuju ke situs yang bernama www.2021.apple.org.

Situs palsu ini memiliki tampilan yang mirip dengan laman resmi Apple, namun dengan iklan berupa giveaway Bitcoin.

Mereka yang paham mungkin akan tahu mengenai berbagai kekurangan dari situs web tersebut, mulai dari masalah tata bahasa hingga URL .org. Namun, tak sedikit yang mengira laman itu adalah situs promosi yang sah.

Untuk mendapatkannya, seseorang harus mengirimkan 0,1 hingga 20 Bitcoin melalui QR code yang tersedia. Selanjutnya, para korban dijanjikan akan mendapatkan Bitcoin hingga dua kali lipat. 

3 dari 4 halaman

Bawa Pulang Rp 985 Juta

Rupanya, cukup banyak orang yang percaya bahwa situs tersebut resmi dan bukan penipuan. Menurut informasi, ada lebih dari US$ 69 ribu (sekitar Rp 985 juta) dikirimkan para korban ke dompet Bitcoin yang dicantumkan.

Situs penipuan tersebut kini sudah tidak dapat diakses. Namun, jumlah yang yang dihasilkan oleh para scammer tampaknya menunjukkan apa yang mereka lakukan berhasil membohongi banyak orang.

Apple Event pada 14 September 2021 diketahui mengungkapkan tampilan dan fitur dari produk-produk terbaru perusahaan, salah satunya iPhone 13 Series.

iPhone 13 Mini dijual mulai dari USD 699 atau setara Rp 9,9 juta. Sementara iPhone 13 dibanderol mulai dari USD 799 atau setara Rp 11,3 juta.

Untuk iPhone 13 Pro dibanderol mulai dari USD 999 atau setara Rp 14,2 jutaan, dan iPhone 13 Pro Max dijual mulai dari USD 1.099 atau setara dengan Rp 15,6 juta.

4 dari 4 halaman

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.