Sukses

Deretan HP Android Ini Sudah Tak Bisa Akses Gmail hingga YouTube

Adapun pemblokiran layanan Google di HP Android tersebut sudah dimulai sejak 27 September 2021, dan berlaku untuk pengguna ponsel yang masih menjalankan Android 2.3.7 atau Gingerbread.

Liputan6.com, Jakarta - Google sudah memastikan jutaan HP (handphone) Android lawas tidak akan bisa mengakses layanan, seperti Gmail, YouTube, Google Maps, dan lainnya.

Adapun pemblokiran layanan Google di HP Android tersebut sudah dimulai sejak 27 September 2021, dan berlaku untuk pengguna ponsel yang masih menjalankan Android 2.3.7 atau Gingerbread.

“Sebagai bagian dari upaya untuk menjaga keamanan pengguna, Google tidak akan lagi mengizinkan login pada HP Android yang masih menjalankan OS Android 2.3.7 atau lebih rendah mulai 27 September 2021," kata juru bicara perusahaan.

Pengguna yang mencoba login ke perangkat Android lawas akan menerima peringatan bahwa nama pengguna dan kata sandi salah, meski sebenarnya sudah memasukkan dengan benar.

"Penghentian dukungan untuk Android 2.3 sebagai bagian dari upaya kami dalam mengamankan pengguna," kata Google mengenai penghentian dukungan terhadap Android 2.3.

Error yang sama juga terjadi jika pengguna mencoba menambahkan Google Calendar atau akun Gmail di menu Pengaturan perangkat.

Selain itu, aplikasi Google populer lainnya yang mengandalkan akun Google seperti YouTube, Google Play Store, Google Maps, Gmail, Google Calendar, dan lain-lain juga akan berhenti berfungsi di Android 2.3 (Gingerbread).

Daftar HP Android 2.3 Gingerbread:

  • Sony Xperia Advance
  • Acer Liquid Z dan Duo
  • Sony Xperia Go
  • Sony Xperia ion
  • Sony Xperia Sola
  • Samsung Galaxy S2 LTE
  • Sony Xperia P
  • Sony Xperia S
  • LG Prada 3.0
  • Motorola XT532
  • Samsung Galaxy S2 LTE

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Google Blokir Akses di Android

Ilustrasi cara,mengetahui kata sandi, Gmail, Android. (Photo by Solen Feyissa on Unsplash)

Dengan ini, Google akan membuat hampir tidak mungkin untuk menggunakan perangkat ini. Pengguna juga tidak bisa meng-update aplikasi dari Play Store, sinkronisasi kontak, dan banyak lagi.

Perangkat tersebut tetap bisa dipakai, tetapi akan sangat terbatas. Misalnya, pengguna hanya akan mengakses web melalui browser atau menjalankan aplikasi sederhana.

 

3 dari 3 halaman

Pengguna Diminta Update OS atau Ganti Smartphone

(ilustrasi)

Agar tetap bisa menggunakan aplikasi-aplikasi ini, pengguna harus meng-upgrade OS-nya ke Android 3.0.

Jika pengguna belum memperbarui OS, kecil kemungkinan mereka bisa memperbaruinya ke versi Android teranyar.

Oleh sebab itu, ada baiknya pengguna membeli smartphone Android baru. Opsi lain yang bisa dilakukan adalah membuka YouTube, Gmail, dan lain-lain melalui browser bawaan perangkat.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.