Sukses

Besar dari Keluarga Sederhana, CEO Google Sundar Pichai Kini Punya Kekayaan Rp 14 Triliun

Sundar Pichai kian sukses dengan background pendidikan dan ketertarikannya dengan listrik mengikuti jejak sang ayah.

Liputan6.com, Jakarta - Google dan Alphabet yang pada awalnya merupakan perusahaan induk Google melakukan penyempitan pimpinan perusahaan. Pada awalnya Google dan Alphabet berada di dalam naungan yang sama, namun dengan CEO berbeda.

CEO Alphabet diduduki oleh Larry Page dan Presiden Alphabet diduduki oleh Sergey Brin. Namun pada 2019 keduanya memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

Akhirnya posisi dari mereka berdua digantikan oleh CEO Google yaitu Sundar Pichai, kini antara Alphabet dan Google memiliki CEO yang sama. 

Dikutip dari CNBC, meski Page dan Brin mundur, mereka masih tetap memegang saham perusahaan sebesar 5,8 dan 5,6 persen. Sedangkan Sundar Pichai hanya memegang saham sekitar 0,1 persen

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Background Kehidupan Sundar Pichai

Sundar Pichai besar di Chennai, Tamil Nadu, India Selaran. Ia tinggal bersama keluarganya di apartemen yang hanya memiliki dua kamar.

Ibunya merupakan seorang stenografer dan ayahnya seorang insinyur listrik di Perusahaan Listrik General. Ayahnya juga memiliki usaha yang memproduksi listrik komponen.

Teman-teman beserta keluarganya menggambarkan Pichai sebagai anak yang menyukai ilmu sains. Ia memegang gelar M.S dari Stanford University dalam ilmu material dan teknik serta gelar MBA dari Wharton School, University of Pennsylvania.

3 dari 3 halaman

Kekayaan

Pengetahuan dan pengalamannya langsung dengan teknologi yang sangat luas meningkatkan kualitas hidupnya untuk mendorong ambisinya--memastikan akses yang luas ke teknologi--mengingat sejauh mana kehidupan keluarganya saat pertama kali menerima telepon, kulkas, dan televisi.

Perkiraan kekayaan bersihnya berkisar dari US$ 600 juta hingga US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 14 triliun. 

Penulis : Azarine Natazia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.