Sukses

Peran Komputasi Cloud Berbasis Edge Computing dalam Menopang Ekosistem Digital

Tingginya traffic dan jumlah data yang dihasilkan serta kompleksitas di beberapa sektor industri, perlu dioptimalkan dengan dukungan operasi komputasi cloud berbasis edge computing.

Liputan6.com, Jakarta - Peran cloud sebagai key enabler yang menopang operasi ekosistem digital dinilai menjadi sangat esensial, mengingat karakteristik cloud sebagai platform yang lebih efisien, praktis sekaligus fleksibel.

Akan tetapi, menurut Telkomsigma, tingginya traffic dan jumlah data yang dihasilkan serta kompleksitas di beberapa sektor industri, perlu dioptimalkan dengan dukungan operasi komputasi cloud berbasis edge computing.

Adanya tuntutan low latency oleh industri serta keberadaan perangkat IoT dan artificial intelligence yang tersebar luas di berbagai lokasi, menjadikan operasi komputasi berbasis edge computing semakin penting untuk mempercepat pengolahan data dari lokal dan perangkat Internet of Things (IoT) ke sistem cloud.

Seiring dengan perluasan akomodasi edge computing tersebut, kesiapan infrastruktur edge data center yang terkoneksi di berbagai titik yang tersebar luas, tak kalah penting untuk dipersiapkan secara matang.

Edge data center sebagai pondasi dari komputasi lokal yang mampu menghasilkan low latency sangat dibutuhkan dalam operasi sensor IoT, video streaming, AR/VR, dan sebagainya yang menghasilkan big data dan membutuhkan pemrosesan data secara real-time

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengoperasian Edge Data Center

Untuk mengoperasikan edge data center sendiri bukanlah persoalan yang mudah. Perlu adanya tata kelola sistem yang efektif sekaligus efisien serta mengacu pada standar best practice guna mewujudkan operasi yang always on.

Sebagai penyedia data center yang berpengalaman lebih dari 20 tahun, Telkomsigma baru saja memperoleh penghargaan dalam ajang Frost & Sullivan Best Practices Awards dalam kategori “2021 Indonesia Edge Data Center Competitive Strategy Leadership Award”.

“Penghargaan ini dicapai berkat kinerja solid perusahaan dalam menerapkan tata kelola dan manajemen operasi yang andal pada 18 edge data center milik TelkomGroup (neuCentriX) yang tersebar beberapa kota di Indonesia,” kata CEO Telkomsigma, Bhimo Aryanto melalu keterangannya, Selasa (28/9/2021).

 

3 dari 4 halaman

Tugas Telkomsigma

Perlu diketahui, Telkomsigma bertugas memaksimalkan manage operation terhadap seluruh aspek operasional dan teknis dari neuCentriX, termasuk di dalamnya menangani kebutuhan rancang bangun, monitoring operasi 24x7, serta melakukan periodic maintenance di seluruh premises data center.

“Apresiasi Frost & Sullivan selain membuktikan keunggulan kompetitif Telkomsigma, juga menjadi pemacu semangat kami untuk terus hadir sebagai partner transformasi digital melalui keberadaan infrastruktur data center, cloud, dan juga layanan ICT yang unggul serta relevan di tengah tren kebutuhan sektor digital yang terus berkembang,” Bhimo memungkaskan.

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.