Sukses

Cara Restart STB IndiHome untuk Dapat Kompensasi Akses Semua Channel dari Telkom

Untuk dapat kompensasi akses semua channel TV di IndiHome dari Telkom, kamu harus restart STB terlebih dulu. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Telkom mengatakan bakal memberikan kompensasi kepada pelanggan yang terdampak gangguan layanan IndiHome akibat terputusnya sistem komunikasi kabel laut JaSuKa ruas Batam-Pontianak yang terjadi pada Minggu, 19 September 2021.

Salah satu kompensasi pertama dari Telkom adalah membuka akses ke seluruh channel IndiHome TV.

"Telkom akan memberikan kompensasi bagi pelanggan yang terdampak gangguan layanan dengan membuka All Channel (semua channel TV) di IndiHome TV mulai 26 September 2021 sampai dengan tanggal 15 Oktober 2021," kata VP Marketing Management Telkom, E. Kurniawan, dalam keterangan resminya.

Kurniawan menambahkan, cara mengaktivasi pembukaan all-channel, pelanggan hanya perlu melakukan restart Set Top Box (STB) IndiHome. Bagaimana caranya?

Menurut Telkom Care, dikutip Minggu (26/9/2021), restart STB hanya dengan cara menekan tombol On/Off (power) pada STB IndiHome. Cara ini dinilai paling aman dan direkomendasikan.

Cara lainnya, kamu bisa mencabut kabel power yang ada pada STB dan mencolokkan kembali kabel tersebut setelah beberapa detik.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kebijakan Penundaan Pembayaran Tagihan

Selain memberikan akses ke semua channel IndiHome TV, Telkom juga akan memberlakukan kebijakan penundaan pembayaran billing (tagihan).

"Sebagai wujud komitmen untuk terus mengedepankan kepentingan pelanggan, Telkom telah memberlakukan kebijakan penundaan pembayaran billing tagihan yg semula tanggal 20 September menjadi tanggal 25 September, dan menghilangkan denda keterlambatan bayar," tutur Kurniawan menambahkan.

Adapun mengenai kompensasi tagihan yang diperoleh akan sesuai dengan service level guarantee setiap pelanggan, serta mempertimbangkan daerah yang terdampak.

Untuk mengetahui mengenai kompensasi ini, pelanggan dapat menghubungi call center 147 atau mendatangi Plasa Telkom terdekat.

 

3 dari 5 halaman

Layanan Indihome dan Telkomsel 100 Persen Pulih

Sebelumnya, TelkomGroup mengumumkan, seluruh layanan internet baik fixed broadband Indihome maupun seluler milik Telkomsel yang sempat mengalami gangguan telah kembali normal.

Menurut keterangan TelkomGroup, layanan Indihome dan Telkomsel sudah bisa diakses oleh pelanggan di seluruh Indonesia seperti sediakala.

Dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (24/9/2021), Vice President Corporate Communications Telkom, Pujo Pramono, mengatakan, "Hingga hari ini (24/9) kapasitas bandwidth telah mencapai target pemulihan 100 persen layanan, seiring dengan bertambahnya kapasitas sebesar 1Tbps kemarin malam."

Ia mengatakan, pulihnya layanan internet milik TelkomGroup tidak lepas dari upaya peningkatan kapasitas jaringan melalui pengaktifan jalur backup dan alternatif. Jalur alternatif dalam hal ini adalah jalur komunikasi ke wilayah tertentu seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Dengan jalur alternatif dan backup tersebut, Pujo menekankan, layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband sudah 100 persen normal.

4 dari 5 halaman

Perbaikan Kabel JaSuKa Butuh 1 Bulan

Sementara, terkait perbaikan kabel laut JaSuKa yang menjadi sumber gangguan, berasal dari titik sekitar 1,5Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

"Telkom tengah melakukan penyiapan tim, cableship, dan segala kebutuhannya untuk mempercepat proses penyambungan kabel," kata Pujo.

Pihaknya memperkirakan bahwa perbaikan kabel akan selesai pada minggu kedua Oktober, bahkan bisa lebih cepat.

Dalam kesempatan yang sama Pujo juga mengatakan, Telkom berhasil melakukan upaya rerouting dan backup link.

(Isk/Tin)

5 dari 5 halaman

INFOGRAFIS: Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.