Sukses

SnackVideo dan Kemendikbudristek Luncurkan Program Cari Duta Batik

SnackVideo bersama Kemendikbudristek bekerja sama untuk meluncurkan program Snack Mencari Duta Batik dalam rangkat menyambut Hari Batik Nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Platform berbagi video pendek SnackVideo mengumumkan kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meluncurkan program Snack Mencari Duta Batik.

Program ini merupakan inisiatif SnackVideo untuk menjadi wadah masyarakat menyalurkan kreativitas dan merayakan keragaman budaya menyambut Hari Batik Nasional. Karenanya, program ini mengajak masyarakat untuk mengunggah video pendek mengenai Hari Batik Nasional dalam berbagai cara.

"Program Snack Mencari Duta Batik ini mengajak kreator konten melestarikan budaya Indonesia dan menumbuhkan rasa bangga terhadap batik yang merupakan salah satu warisan budaya bangsa," tutur Head of Business Operations SnackVideo, Yugo Prabowo, dalam keterangan resmi Sabtu (25/9/2021).

Mengenai program ini, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, menuturkan pihaknya berterima kasih dengan inisiatif SnackVideo memperingati Hari Batik Nasional dengan mengajak para kreator konten menciptakan berbagai hal kreatif terkait batik.

"Tentunya, kami berharap konten ini juga akan mewarnai dunia media sosial kita ke arah yang lebih positif," tuturnya melanjutkan. Kreator yang ingin berpartisipasi di program ini cukup menambahkan tagar yang sesuai konten mereka, seperti #SnackMencariDutaBatik, #SeniBatik, #BatikDance #BatikFashion, dan #InfoBatik.

Nantinya, SnackVideo akan memilih lima orang untuk menjadi Snack Style Duta Batik, sekaligus mendapatkan hadiah utama iPhone 12 dan tas batik eksklusif dari Mithlabs. Pengguna yang ikut melakukan voting memilih Duta Batik juga berkesempatan mendapatkan hadiah berupa gadget, voucher belanja, dan uang tunai.

Adapun kompetisi dimulai sejak 24 September hingga 1 Oktober 2021. Sementara pengumuman pemenang akan dilakukan pada 2 Oktober 2021 di aplikasi SnackVideo.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengguna SnackVideo Bisa Tarik Saldo Tunai ke Akun ShopeePay

Sebelumnya, layanan pembayaran digital ShopeePay bekerja sama dengan platform video pendek SnackVideo. Dengan kerja sama, pengguna dan kreator SnackVideo bisa menarik saldo tunai yang terkumpul ke akun ShopeePay.

Berdasarkan laporan Digital 2021 dari We Are Social dan HootSuite, 98,5 persen pengguna internet di Indonesia mengkonsumsi video online tiap bulan.

 ShopeePay melihat, hal ini sebagai indikasi besarnya peluang masyarakat Indonesia yang didominasi Gen Z untuk mendapatkan penghasilan dari sektor industri kreatif ini.

Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Eka Nilam Dari mengatakan, kerja sama dengan SnackVideo merupakan sebuah sinergi antara dua layanan yang dekat dengan keseharian Gen Z, yaitu digital payment dan digital entertainment.

"Hal ini juga membuktikan adanya kesempatan kolaborasi dan integrasi yang tidak terbatas antara layanan pembayaran digital dengan platform digital lain, bahkan yang berskala global," kata Eka Nilam, dalam keterangan ShopeePay, Kamis (1/7/2021).

Ia berharap, kolaborasi ShopeePay dan SnackVideo dapat memudahkan Gen Z untuk mendapatkan pendapatan dari hobi mereka membuat dan menonton video online.

3 dari 4 halaman

Realisasikan Hobi

Head of Business Operations SnackVideo, Yugo Prabowo mengatakan, dalam beberapa waktu terakhir, ada peningkatan ketertarikan Gen Z untuk menjadikan hobi mereka membuat dan mengakses video sebagai pendapatan.

"Di sisi lain, kami memiliki kesamaan pandangan dengan ShopeePay untuk menyebarkan manfaat positif dari layanan digital ke lebih banyak orang. Oleh karena itu, kami berharap kerja sama ini bisa memberikan manfaat untuk generasi muda dan juga industri kreatif di Indonesia," katanya.

Sebagai bagian dari kerja sama, pengguna SnackVideo akan mendapatkan bonus 500 koin untuk penarikan cash dengan ShopeePay di periode 28 Juni - 4 Juli 2021.

(Dam/Tin)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Subsidi Pulsa untuk Pelajar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.