Sukses

Telkom Sediakan Internet Berkapasitas 11,5 Gbps untuk Dukung PON XX Papua 2021

Telkom menyediakan internet berkapasitas lebih dari 11,5 Gpbs untuk mendukung jaringan telekomunikasi di venue PON XX Papua 2021.

Liputan6.com, Jakarta - TelkomGroup menyediakan internet berkapasitas bandwidth lebih dari 11,5 Gbps untuk mendukung telekomunikasi selama PON XX Papua 2021. Untuk mendukung kelancaran konektivitas selama berlangsungnya acara, Telkom juga telah membuat sistem pencadangan (backup) 99,9 persen.

Hal ini dilakukan sejalan dengan peran Telkom sebagai Official Platinum Telco Partner dalam pesta olahraga terbesar di Indonesia yang berlangsung 2-15 Oktober mendatang.

TelkomGroup mendukung suksesnya penyelenggaraan PON XX Papua 2021 melalui penyediaan Digital Connectivity, Digital Platform, & Digital Service di area pertandingan (venue), hotel dan akomodasi, bandara, media center, dan security.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, PON XX Papua 2021 jadi momen yang istimewa dan berbeda dibanding pergelaran PON sebelumnya. Karena selain digelar di tengah pandemi, untuk pertama kalinya PON dilaksanakan di Indonesia Timur.

"Telkom siap mendukung penuh penyelenggaraan PON XX Papua 2021 dengan menghadirkan infrastruktur kelas dunia, seperti yang pernah dilakukan pada event besar nasional dan internasional sebelumnya," kata Ririek.

Untuk mendukung PON XX Papua 2021, Telkom menyediakan 142 unit fasilitas sambungan internet berbasis kabel (fixed broadband) Indihome. Ratusan perangkat Indihome ini disediakan Telkom pada beberapa lokasi vital, termasuk wisma atlet, untuk memenuhi kebutuhan kontingen yang akan bertanding.

Selain itu, Telkom juga menyediakan 427 access point internet nirkabel (WiFi) tersebar di seluruh arena pertandingan dan ruang publik yang bisa diakses masyarakat secara gratis.

Telkom juga menyediakan 2 Satelite News Gathering dan 4 media center, yakni 1 main media center di Kota Jayapura serta 3 mini media center di Kab. Japaura, Kab. Mimika, dan Kab. Merauke.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Layanan Mobile dari Telkomsel

Sementara itu untuk layanan mobile, Telkomsel telah memastikan penguatan sinyal dengan mengerahkan 192 BTS.

Telkomsel juga memastikan kesediaan pasokan energi listrik untuk BTS prioritas dengan menyiagakan puluhan genset, Support Catu Daya (SCD) Mobile, serta optimalisasi kapasitas baterai di setiap BTS.

Telkomsel juga menyediakan Telkomsel 5G Experience Center yang berlokasi di Stadion Lukas Enembe kepada para pengunjung, terutama masyarakat Papua. Dengan begitu, pengujung bisa menjajal pengalaman berbagai use case dengan teknologi 5G.

Telkom juga melakukan monitoring sistem dan jaringan yang dilakukan secara hybrid, mengandalkan tenaga manusia dan robot yang memanfaatkan teknologi RPA (Robotic Process Automation) dan machine learning.

Metode smart monitoring diterapkan untuk mempercepat penanganan apabila terjadi gangguan, dan memastikan seluruh sistem bisa berjalan secara baik sesuai fungsinya. Telkom juga menyediakan 1.000 paket tracking vehicle dengan teknologi IoT serta digital marketing platform sebanyak 2,35 juta SMS broadcast.

Demi memastikan seluruh infrastruktur dan layanan berfungsi optimal, TelkomGroup mengerahkan lebih dari 1.000 personel, terdiri dari teknisi khusus, di samping dukungan teknisi maupun expert reguler yang ada di Papua dan area lainnya di Indonesia. Para personel ini akan bersiaga 7x24 jam sepanjang pelaksanaan PON XX Papua 2021.

3 dari 4 halaman

Tim Bersiaga di 49 Venue

Para personel bertugas di 49 venue dari empat kabupaten/kota lokasi penyelenggaraan yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Selain memastikan keamanan dan kesiapan jaringan di empat kabupaten/kota penyelenggara PON XX Papua 2021, tim juga bertugas melakukan mitigasi risiko pada Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) yang di dalamnya terdapat jaringan Palapa Ring Timur, satelit, menara radio, serta kabel bawah laut.

“Fokus kami memastikan PON XX Papua 2021 dapat terlaksana dengan sukses dengan dukungan infrastruktur telekomunikasi ini sehingga semangat olahraga ini terasa dan dinikmati oleh masyarakat hingga seluruh penjuru Indonesia," kata Ririek.

Sementara itu, Menkominfo Johnny G. Plate saat menunjungi site PON XX Papua 2021, pada 23 September lalu mengatakan, belum lama ini Telkom membangun rute baru untuk mengantisipasi putusnya kabel laut sehingga akses komunikasi dan internet di Papua berjalan lancar.

"Mari bersama-sama kita menjaga jaringan infrastruktur strategis ini. kami berharap PON ini mampu menjadi etalase yang baik. Etalase Papua dan Indonesia untuk masyarakat dunia. Dan ini menjadi harapan kita bersama agar PON XX Papua sukses," katanya.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang PON

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.