Sukses

Telkom: Layanan Indihome dan Telkomsel Sudah Kembali Normal

TelkomGroup mengumumkan, layanan Indihome dan Telkomsel sudah kembali normal meski penyambungan kabel JaSuKa masih dilakukan. TelkomGroup menggunakan jaringan backup dan alternatif untuk melayani para pelanggan.

Liputan6.com, Jakarta - TelkomGroup mengumumkan, seluruh layanan internet baik fixed broadband Indihome maupun seluler milik Telkomsel yang sempat mengalami gangguan telah kembali normal.

Menurut keterangan TelkomGroup, layanan Indihome dan Telkomsel sudah bisa diakses oleh pelanggan di seluruh Indonesia seperti sediakala.

Dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (24/9/2021), Vice President Corporate Communications Telkom, Pujo Pramono, mengatakan, "Hingga hari ini (24/9) kapasitas bandwidth telah mencapai target pemulihan 100 persen layanan, seiring dengan bertambahnya kapasitas sebesar 1Tbps kemarin malam."

Ia mengatakan, pulihnya layanan internet milik TelkomGroup tidak lepas dari upaya peningkatan kapasitas jaringan melalui pengaktifan jalur backup dan alternatif. Jalur alternatif dalam hal ini adalah jalur komunikasi ke wilayah tertentu seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Dengan jalur alternatif dan backup tersebut, Pujo menekankan, layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband sudah 100 persen normal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbaikan Kabel Laut JaSuKa

Sementara, terkait perbaikan kabel laut JaSuKa yang menjadi sumber gangguan, berasal dari titik sekitar 1,5Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

"Telkom tengah melakukan penyiapan tim, cableship, dan segala kebutuhannya untuk mempercepat proses penyambungan kabel," kata Pujo.

Pihaknya memperkirakan bahwa perbaikan kabel akan selesai pada minggu kedua Oktober, bahkan bisa lebih cepat.

Dalam kesempatan yang sama Pujo juga mengatakan, Telkom berhasil melakukan upaya rerouting dan backup link.

3 dari 4 halaman

Apresiasi Pelanggan

Dengan begitu, perbaikan layanan TelkomGroup termasuk Indihome bisa kembali normal seperti sediakala dan dinikmati pelanggan tanpa menunggu penyambungan kabel laut JaSuKa.

Pujo pun mengucapkan terima kasih atas dukungan pelanggan menggunakan layanan TelkomGroup.

"Berbagai upaya ini dilakukan guna memastikan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan beragam layanan TelkomGroup," katanya.

Ia juga berharap pelanggan bisa kembali beraktivitas digital dengan nyaman.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Internet 5G

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.