Sukses

Top 3 Tekno: Layanan Telkomsel Sudah Normal hingga Backup Palapa Ring untuk JaSuKa

Telkomsel mengklaim layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak gangguan sudah kembali normal.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel mengklaim layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak gangguan sudah kembali normal. Informasi ini menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (23/9/2021) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari BAKTI yang menyiapkan backup dengan memakai jaringan Palapa Ring selama perbaikan kabel laut JaSuKa.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Telkomsel Pastikan Layanan Internet Sudah Pulih dan Berjalan Normal

Telkomsel memastikan layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak gangguan telah pulih dan dapat diakses dengan normal. Seperti diketahui, ada gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera, dan Kalimatan) ruas Batam-Pontianak pada 19 September 2021.

Gangguan itu pun sempat berdampak pada penurunan layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

"Percepatan pemulihan yang dilakukan merupakan wujud komitmen Telkomsel bersama TelkomGroup dan seluruh pihak yang berkepentingan dalam memastikan pemenuhan kenyamanan pelanggan," tutur Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam holding statement, Kamis (23/9/2021).

Baca selengkapnya di sini 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. BAKTI Siapkan Backup Palapa Ring Selama Perbaikan Kabel Laut JaSuKa

PT. Telkom Indonesia hingga kini masih berusaha untuk mengatasi penurunan kualitas layanan mereka setelah kabel laut JaSuKa ruas Batam-Pontianak putus pada Minggu, 19 September 2021.

Berdasarkan informasi terkini, Telkom sudah melakukan pengaktifan jalur backup dan alternatif untuk meningkatkan kapasitas jaringan di wilayah tertentu, seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Untuk kabel laut yang menjadi sumber ganggunan, Pujo Pramono selaku Vice President Corporate Communication Telkom, mengatakan proses perbaikan kabel laut JaSuKa akan berlangsung selama sebulan.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Opensignal: Telkomsel Tingkatkan 4G dengan Refarming Spektrum 3G

Laporan terbaru Opensignal mengungkapkan bahwa Telkomsel meningkatkan kapasitas 4G mereka dengan cara memperbarui (refarming) spektrum 3G.

Kajian yang dilakukan Opensignal berupaya mencari tahu bagaimana operator di Indonesia telah memakai spektrum 3G yang ada, untuk mempercepat 4G dan implementasi 5G di masa depan.

Dalam analisisnya, Opensignal mempelajari spektrum Telkomsel untuk memahami pendekatan yang dipakai operator dan dampaknya terhadap pengalaman seluler pelanggannya.

Baca selengkapnya di sini

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.