Sukses

Roblox Bakal Terapkan Verifikasi Usia Pemain

Platform game creation Roblox akan menerapkan verifikasi usia pemain, dengan begitu hanya pemain berusia lebih tua yang dapat mengakses fitur-fitur atau layanan tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Platform game creation Robox kini menghadirkan fitur verifikasi usia. Dengan fitur ini, pengguna harus mengkonfirmasi usia mereka guna mendapatkan akses ke fitur yang disediakan untuk pemain yang lebih dewasa.

Verifikasi usia ini bersifat opsional. Sebagaimana dikutip dari The Verge, Rabu (22/9/2021), Roblox mengatakan, "tidak akan menyimpan data apa pun dari proses verifikasi yang mengharuskan pengguna menunjukkan bukti identitas."

Kendati demikian, untuk saat ini hanya satu fitur yang memerlukan verifikasi usia pengguna, yakni Spacial Voice. Spacial Voice merupakan fitur obrolan suara terbaru dari Roblox.

Selama uji beta awal, fitur Spacial Voice hanya tersedia untuk pengguna yang memverifikasi bahwa mereka sudah berusia minimal 13 tahun.

Sayangnya, Roblox tidak mengatakan apakah nantinya fitur ini bakal tersedia untuk semua player, terlepas dari status verifikasi usianya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berdampak ke Fitur Lainnya?

Namun, kehadiran fitur verifikasi usia mungkin berdampak ke fitur lainnya, misalnya ke gim Robox atau tool komunitas tertentu dapat dibatasi usia karena perusahaan berupaya untuk melindungi penggunanya yang kebanyakan berusia muda.

Sekadar informasi, lebih dari separuh pengguna Roblox masih berusia di bawah 13 tahun. Roblox menyebut, "hampir 50 persen pengguna berusia di atas 13 tahun."

Sekadar informasi, verifikasi usia mengharuskan pengguna mengunggah kartu identitas, SIM, atau paspor.

3 dari 4 halaman

Selfie dengan ID

Selain itu pengguna juga diminta untuk melakukan selfie di tempat untuk membantu mengkonfirmasi bahwa identitas mereka benar-benar diunggah oleh si pemilik.

Roblox pun hanya menerima kartu/ bukti identitas yang dikeluarkan oleh pemerintah. Hal ini pun menimbulkan permasalahan karena pemain berusia mudah cenderung tidak memiliki identitas formal.

Fitur verifikasi usia pengguna pun diluncurkan mulai 21 September 2021 dan akan tersedia global, untuk pengguna berusia setidaknya 13 tahun.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Mengenai Dampak Game Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.