Sukses

Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 Resmi Dibuka

Pembukaan pertandingan ekshibisi untuk cabang olahraga esports PON XX Papua 2021 akhirnya digelar di Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

Liputan6.com, Jakarta - Ekshibisi esports PON XX Papua 2021 resmi dibuka pada Selasa malam di Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, pukul 19.00 WIT atau 17.00 WIB. Pembukaan ini dapat disaksikan langsung melalui kanal YouTube resmi Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI).

Pembukaan ini sekaligus menjadi tonggak sejarah baru esports Tanah Air. Sebab untuk kali pertama, esports akhirnya resmi menjadi cabang olahraga ekshibisi yang dipertandingkan di PON.

"PON XX Papua 2021 menjadi salah satu batu loncatan dan momentum emas sekaligus sejarah bagi insan esports Indonesia, di mana esports secara resmi menjadi cabor ekshibisi dalam pentas olahraga terbesar di Tanah Air," tutur Wakil Ketua Umum/Ketua Harian PB ESI, Bambang Sunarwibowo saat pembukaan.

Pembukaan pertandingan ekshibisi dari cabang olahraga esports pada PON XX Papua 2021 (Liputan6.com/Yuslianson)

Bambang melanjutkan, dengan masuknya esports dalam cabang olahraga ekshibisi membuka peluang bagi PBESI untuk melakukan pembinaan atlet secara berjenjang dan merata. Terlebih, PBESI kini sudah hadir di seluruh provinsi Indonesia dan didukung kepengurusan di 498 kabupaten/kota.

"Dengan begini, esports tidak eksklusif dimiliki anak-anak muda di kota besar, tapi sudah dimiliki seluruh masyarakat di Indonesia. Selain pengembangan prestasi, esports diharapkan bisa berkontribusi meningkatkan ekonomi digital di Indonesia," ujar Bambang melanjutkan.

Pembukaan pertandingan ekshibisi dari cabang olahraga esports pada PON XX Papua 2021 (Liputan6.com/Yuslianson)

Acara pembukaan ekshibisi esports PON XX Papua 2021 ini turut dimeriahkan oleh penampilan Nowela Mikhelia, Alfy Rev, Funky Papua, dan Epo D'fenomeno. Usai pembukaan, pertandingan perdana untuk eFootbal PES 2021 antara Banten melawan DKI Jakarta digelar.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

188 Atlet Siap Berlaga

Berdasarkan catatan platform Garudaku.com, ajang ini berhasil menjaring 49.905 atlet dan 10.877 tim esports dari 34 provinsi yang mendaftarkan diri.

Mereka akan berkompetisi di 4 kategori pertandingan, yaitu PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends: Bang Bang, dan eFootball PES 2021.

Berdasarkan data Garudaku.com, PUBG Mobile diikuti oleh 19.664 atlet dari 4.916 tim, Free Fire diikuti oleh 13.608 atlet dari 3.402 tim, Mobile Legends: Bang Bang diikuti oleh 11.985 atlet dari 2.397 tim, sedangkan PES 2021 diikuti oleh 3.838 atlet.

“Sebanyak 188 atlet dari 48 tim yang berasal dari 25 provinsi lolos dari babak kualifikasi Pra-PON dan siap berebut tahta terbaik di Papua," ungkap Bambang.

3 dari 3 halaman

Kekuatan Esports Terbagi Rata

Menariknya, kekuatan esports Indonesia terlihat makin merata dan tidak lagi didominasi oleh Pulau Jawa.

Tim-tim dari kota lain di Indonesia juga "menelurkan" player yang berbakat dan tangguh, dan sebagai bukti keberadaan pengurus daerah esports Indonesia di 34 provinsi mendorong animo.

Adapun tiga provinsi yang mendaftarkan diri untuk tampil di seluruh kategori, yaitu DKI Jakarta, Papua dan Papua Barat. Sementara provinsi lainnya lebih menyebar ke masing-masing judul gim yang dipertandingkan.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.