Sukses

Telkomsel: Layanan Internet Berangsur Normal

Telkomsel menyatakan, layanan internet yang sempat terganggu kini telah berangsur normal.

Liputan6.com, Jakarta Telkomsel mengumumkan layanan internetnya yang sempat terdampak gangguan sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (Jasuka) mulai berangsur normal.

Dalam holding statement Telkom yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (21/9/2021), Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, Telkomsel dan TelkomGroup mengupayakan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah terdampak gangguan.

"Saat ini sejumlah akses di titik wilayah yang terdampak mulai berangsur normal," tutur Denny.

Selanjutnya, bersama TelkomGroup, Telkomsel akan terus memastikan akselerasi proses pemulihan secara menyeluruh. Dengan begitu, akses layanan internet Telkomsel dapat dinikmati dengan normal seperti biasa.

Adapun gangguan sistem komunikasi kabel laut JaSuKa ruas Batam ini berdampak pada penurunan layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Gangguan mulai dirasakan sejak Minggu, 19 September 2021.

Menanggapi hal tersebut, Telkomsel juga mengapresiasi pelanggan yang tetap setia mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi pada Telkomsel.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan sebagai dampak gangguan yang terjadi. Proses pemulihan layanan akan terus kami informasikan secara berkala," tutur Denny.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Masih Keluhkan Internet Lemot

Layanan internet Indihome dan Telkomsel mengalami gangguan sejak Minggu, 19 September malam.

Dijelaskan oleh Telkom Group, terganggunya layanan internet milik Indihome dan Telkomsel disebabkan karena gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera, Kalimantan), tepatnya ruas Batam-Pontianak sejak Minggu pukul 17.33 WIB.

Hingga Senin 20 September 2021, pihak Telkom Group pun menyebut, layanan Indihome dan Telkomsel yang sempat terganggu mulai berlangsung pulih.

Kendati demikian, ada sebagian warganet yang masih mengeluhkan layanan internet Indihome dan Telkomsel yang masih terganggu.

Pantauan Tekno Liputan6.com di linimasa Twitter, Selasa (21/9/2021), topik mengenai Indihome dan Telkomsel masih menjadi trending topic yang dikicaukan warganet Indonesia.

"Indihome ini masih belum bener ya?" tweet seorang warganet.

Serupa, pengguna Twitter juga masih mengeluhkan layanan internet Telkomsel yang belum pulih sepenuhnya.

Sebagian pengguna berharap agar layanan internet Telkomsel segera normal kembali.

3 dari 4 halaman

Gara-Gara Gangguan Kabel Laut

Sebelumnya, layanan TelkomGroup seperti Indihome dan Telkomsel mengalami masalah usai adanya gangguan di sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak sejak jam 17.33 kemarin.

 "Layanan mulai kembali normal sejak tengah malam hingga pagi ini," tulis Telkom dalam siaran pers yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (20/9/2021).

Pujo Pramono, Vice President Corporate Communication Telkom mengatakan, sejak terjadinya gangguan kemarin malam, mereka segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam.

"Termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti Papua, Kalimantan, maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado," kata Pujo dalam penjelasannya.

"Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," imbuh Pujo. 

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Konsumsi Media

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.