Upaya Telkom Perbaiki Kabel Bawah Laut JaSuKa

Oleh Iskandar pada 20 Sep 2021, 22:52 WIB
Diperbarui 20 Sep 2021, 23:16 WIB
Teknisi Telkom melakukan recovery kabel laut JaSuKa ruas Batam-Pontianak. Dok: Telkom Indonesia
Perbesar
Teknisi Telkom melakukan recovery kabel laut JaSuKa ruas Batam-Pontianak. Dok: Telkom Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Telkom mengungkapkan sempat terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam - Pontianak, mulai sekitar pukul 17.33 WIB pada Minggu (19/9/2021).

Hal ini berdampak pada penurunan kualitas layanan Telkom Group, baik fixed maupun mobile broadband (Telkomsel dan IndiHome) di beberapa wilayah Indonesia.

Setelah mengidentifikasi pusat gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut, Telkom bergegas menuju lokasi kejadian--secepat mungkin melakukan recovery kabel laut Jasuka ruas Batam-Pontianak. 

Dengan segala persiapan dan perlengkapan, Telkom mengklaim berupaya maksimal menghubungkan kembali infrastruktur jaringan internet yang saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat dalam mendukung aktivitas sehari-hari, mulai belajar online hingga work from home.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, menjelaskan sejak terjadinya gangguan kemarin malam, Telkom segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam.

"Itu termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa, dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado," ungkap Pujo melalui keterangan resminya, Senin (20/9/2021).

Berkah kegigihan dan perjuangan para teknisi TelkomGroup, selang sekitar tiga jam sejak kejadian, jaringan TelkomGroup berangsur kembali normal. 

Pujo menegaskan Telkom berkomitmen untuk memberikan akses konektivitas luas di seluruh Indonesia, guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan.

vertical indihome
Perbesar
vertical indihome
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jurus Telkomsel Amankan Jaringan Internet Saat Eksibisi Esports PON XX Papua 2021

Maskot PON XX Papua Mejeng di Bundaran HI Jakarta
Perbesar
Pengendara sepeda motor melintas di dekat maskot Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat (16/07/2021). Presiden Joko Widodo memastikan PON XX Papua tetap akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Di sisi lain, layanan internet Telkomsel sendiri digunakan untuk mendukung infrastruktur gelaran acara eksibisi esports PON XX Papua 2021.

Baik saat bertanding secara online, broadcast, hingga komunikasi di sekitar lokasi Indoor Hockey Doyo Baru yang menjadi venue gelaran acara tersebut.

Lalu bagaimana kesiapan Telkomsel mengatasi penurunan layanan sebelum eksibisi esports PON XX Papua 2021 digelar pada 22-26 September 2021?

"Telkomsel sudah menyiapkan jaringan data selular sebagai backup jaringan WiFi Telkom yang akan digunakan dalam pertandingan nantinya (sebagai default)," ucap Kurniawan Widhi Atmadji-Manager RAN, Transport and Security Operation Telkomsel Maluku and Papua saat Tekno Liputan6.com hubungi, Senin (20/9/2021).

Terkait penurunan kualitas jaringan tadi malam, Kurniawan mengklaim jaringan Telkomsel khususnya di wilayah Kota Jayapura sudah berangsur pulih saat ini.

"Traffic untuk empat kluster penyelenggara PON saat ini mendapatkan prioritas dibandingkan wilayah lainnya yang terdampak," sambungnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Antisipasi Hal Serupa Terjadi Kembali

Banner raksasa sambut player dan official yang hadir di venue esports PON XX Papua 2021 di Indoor Hockey Doyo Baru. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Jadi momen bersejarah di industri esports Tanah Air, Telkomsel berusaha untuk mengantisipasi bilamana hal serupa seperti semalam terjadi kembali saat pertandingan.

"Gangguan tadi malam bersifat nasional. Telkomsel dan TelkomGroup sudah melakukan mitigasi dengan menggunakan backup link dan memprioritaskan trafik untuk PON pada 4 kota penyelenggara," kata Kurniawan.

Selain itu, Telkomsel sudah menyiapkan satu unit Combat untuk mengantisipasi lonjakan traffic saat pertandingan esports PON XX Papua 2021 berlangsung.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya