Sukses

Telkom Ungkap Titik Gangguan Indihome dan Telkomsel, Layanan Berangsur Normal

Telkom menyebut bahwa mereka sudah melakukan upaya untuk memulihkan kembali jaringan Indihome dan Telkomsel.

Liputan6.com, Jakarta - Telkom mengklaim bahwa layanan Indihome dan Telkomsel yang sempat terganggu sejak Minggu, 19 September 2021 kemarin mulai berangsur pulih.

Sebelumnya, layanan TelkomGroup seperti Indihome dan Telkomsel mengalami masalah usai adanya gangguan di sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak sejak jam 17.33 kemarin.

"Layanan mulai kembali normal sejak tengah malam hingga pagi ini," tulis Telkom dalam siaran pers yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (20/9/2021).

Pujo Pramono, Vice President Corporate Communication Telkom mengatakan, sejak terjadinya gangguan kemarin malam, mereka segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam.

"Termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti Papua, Kalimantan, maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado," kata Pujo dalam penjelasannya.

"Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," imbuh Pujo. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Identifikasi Gangguan di Lepas Pantai Batam

Telkom mengungkapkan, gangguan sendiri teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

"Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal," kata Pujo.

Pujo pun mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan pelanggan yang selalu setia menggunakan layanan TelkomGroup.

"Telkom berkomitmen untuk memberikan akses konektivitas terbaik di seluruh Indonesia, guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan."

Meski begitu, hingga siang ini, warganet di Twitter masih melaporkan adanya gangguan pada jaringan Indihome dan Telkomsel yang mereka gunakan.

Saat artikel ini ditulis, "Indihome" masih masuk di trending topic Twitter dengan sekitar 94,9 ribu cuitan, sementara "Telkomsel" dengan 39,4 ribu cuitan.

(Dio/Isk)

3 dari 3 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.