Sukses

Awak Sipil Inspiration4 SpaceX Kembali ke Bumi Usai Jalani Misi Tiga Hari

Pesawat luar angkasa SpaceX yang ditunggangi empat orang non-astronaut profesional kembali ke Bumi pada Minggu, 19 September 2021, pukul 6 pagi Waktu Indonesia Barat

Liputan6.com, Jakarta - Usai melakukan misi tiga hari di luar angkasa, kru dari Inspiration4 SpaceX yang semuanya adalah warga bukan astronaut profesional akhirnya kembali ke Bumi.

Keempat kru Inspiration4 SpaceX pada Sabtu pukul 19.06 Waktu Timur (Eastern Time/WT) atau sekitar pukul 6 pagi WIB, di lepas pantai Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

Mengutip Space, Minggu (19/9/2021), misi ke luar angkasa itu merupakan bagian dari penggalangan dana untuk St. Jude children's Research Hospital.

"Inspiration4, atas nama SpaceX, selamat datang di planet Bumi," kata Kris Young, Space Operations Director di SpaceX Mission Control, setelah kru berhasil melakukan pendaratan.

"Misi Anda telah menunjukkan kepada dunia bahwa luar angkasa adalah untuk kita semua, dan bahwa orang biasa dapat membuat dampak luar biasa di dunia sekeliling mereka," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Baru Saja Memulai

Jared Isaacman, pimpinan yang juga sponsor misi itu pun mengatakan mengatakan bahwa perjalanan itu adalah sesuatu yang luar biasa bagi mereka.

"Kita baru saja memulai," ujar miliarder tersebut.

Mengutip siaran pers di laman Inspiration4, kapal Go Searcher SpaceX membantu mengangkut pesawat luar angkasa untuk diangkat ke dek utama kapal, di mana para kru akan keluar dan menerima pemeriksaan medis.

Inspiration4 mengklaim, ada beberapa sejarah yang diciptakan oleh misi tersebut, yang pertama tentu saja sebagai penerbangan luar angkasa dengan seluruh awak sipil pertama.

3 dari 4 halaman

Hasil Penggalangan Dana

Selain itu, Inspiration4 juga mencatatkan misi dengan pilot pesawat luar angkasa wanita kulit hitam pertama, orang AS termuda di luar angkasa, dan orang pertama yang terbang ke luar angkasa dengan kaki palsu.

Di laman resminya, Inspiration4 juga menyatakan bahwa mereka berhasil mengumpulkan hampir US$ 154 juta dan akan terus bertambah, untuk penggalangan dana St. Jude.

Selain Isaacman, dalam misi tersebut juga ikut Hayley Arceneaux, seorang asisten dokter di St. Jude yang juga penyintas kanker; serta dua pemenang tiket penerbangan dari Isaacman yaitu Chris Sembroski dan Sian Proctor.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis: 26 Satelit Milik Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.