Sukses

Oppo Rilis ColorOS 12, Hadirkan Pengalaman Seamless di Smartphone

Oppo merilis ColorOS 12, pertama untuk pengguna di Tiongkok. Sistem operasi ini memastikan smartphone bisa menghadirkan pengalaman sealmess saat terhubung ke perangkat pintar lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, vendor teknologi Oppo mengumumkan kehadiran sistem operasinya, ColorOS 12, di Tiongkok.

ColorOS 12 ditargetkan untuk memberi pengalaman seamless dan menghadirkan kemudahan pengguna dalam mengintegrasikan smartphone dengan smart devices.

ColorOS 12 juga didukung animasi terbaru (Quantum Animation Engine) untuk mendukung pengalaman lebih interaktif. Selain itu juga ada anti-stuttering AI Engine yang dikembangkan untuk memberikan pengalaman sistem operasi yang mulus.

Ada pula fitur praktis seperti Cross-Screen Interconnection dan Smart Sidebar yang membuat pengguna tetap produktif dalam berbagai skenario.

ColorOS juga memastikan bahwa pengguna dapat mengetahui dan mengendalikan privasi. Misalnya memungkinkan pengguna merekam perilaku aplikasi, berbagi foto dengan aman, dan mendapatkan pengingat tentang perizinan ketika menggunakan aplikasi.

ColorOS 12 juga mendefinisikan ulang tampilan, untuk mengatasi padatnya informasi yang harus ditampilkan ke pengguna dengan memperbanyak ruang berwarna putih, meningkatkan kontrak teks, dan membedakan corak warna.

ColorOS 12 menghadirkan fitur Omoji (Foto: Oppo).

ColorOS 12 bahkan membawa fitur avatar yang bernama Omoji. Fitur ini mampu membangun model 3D secara presisi melalui algoritma Face Capture.

Dengan begitu bisa menangkap lebih dari 20.000 ciri khas wajah pengguna, sehingga avatar bisa dipersonalisasi dengan lebih nyata.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Koneksi Lintas Layar

ColorOS 12 juga mengepankan ekosistem yang saling terhubung melalui fitur interkoneksi lintas layar. Dengan begitu, bisa menyederhanakan konektivitas antara smartphone dan laptop.

Setelah terhubung, pengguna bisa mengoperasikan smartphone dengan laptop, sembari berbagi file dan data hingga kecepatan transfer 45Mbps.

Selain itu pengguna juga dapat menyunting dokumen pada ponsel secara langsung di layar laptop. Fitur ini mendukung sebagian besar laptop merek ternama yang memiliki sistem operasi Windows 10 atau yang lebih tinggi.

Oppo melengkapi ColorOS 12 dengan anti-stuttering AI Engine. Melalui pengujian oleh laboratorium teknologi Oppo, setelah perangkat disimulasikan selama 26 bulan dengan uji terus menerus, didapat penurunan kinerja baca/tulis kurang dari 5 persen dari keseluruhan aging rate 2,75 persen.

Teknologi ini juga memprioritaskan aplikasi untuk memastikan perangkat dapat beroperasi secara sadar dengan menggunakan lebih sedikit daya.

3 dari 4 halaman

Peningkatan ColorOS 12

Oppo juga mengumumkan rencana peningkatan ColorOS 12. Dalam rencana ini, Find X3 Pro Photographer Edition akan menjadi model pertama yang berjalan pada sistem ColorOS 12.

Uji publik terbatas rencanya dimulai untuk Find X3 dan OnePlus 9 seri pada Oktober 2021. Sementara seri Find X2 dan Reno6 akan mendapatkannya pada November 2021. Sedangkan untuk Reno5 dan seri OnePlus 8 akan uji publik terbatas pada Desember.

Oppo juga berjanji memberikan tiga kali peningkatan sistem Android pada ponsel flagship.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.