Sukses

Huawei MatePad T8 Kids Edition Dirilis, Bawa Segudang Fitur Khusus Anak

Huawei MatePad T8 Kids Edition dirilis untuk memberikan opsi gawai yang lebih ringan dan lebih kecil untuk anak

Liputan6.com, Jakarta Beberapa bulan usai meluncurkan MatePad T10 Kids Edition, Huawei kembali meluncurkan tablet edisi anak yaitu Huawei MatePad T8 Kids Edition.

Edy Supartono, Training Director of Huawei Consumer Business Group Indonesia, dalam konferensi pers virtualnya, mengungkapkan alasan mengapa mereka merilis Huawei MatePad T8 Kids Edition.

"Berdasarkan pengalaman dari produk Kids Edition yang sebelumnya, kita melihat animo dari konsumen di Indonesia, terutama para orangtua ini cukup intens," kata Edy, Jumat (17/9/2021).

Menurutnya, salah satu umpan balik dari konsumen adalah tentang tablet dengan jenis ukuran yang berbeda.

"Kalau kita melihat range usia target dari MatePad Kids Edition ini, mungkin untuk yang usianya sangat kecil, lebih merasa nyaman dengan ukuran layar yang lebih kecil lagi," kata Edy.

Edy mengatakan, Huawei MatePad T8 Kids Edition lebih mudah untuk dibawa kemana-mana, baik di dalam rumah atau keluar. Selain itu, dia memiliki berat hanya 310 gram.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fitur Kontrol Orangtua

Lebih lanjut, Edy mengungkapkan ada beberapa fitur yang menurut mereka ramah anak, yang disertakan di Huawei MatePad T8 Kids Edition.

Layar 8 inci dari MatePad T8 Kids Edition sendiri memiliki resolusi 1280 x 800. Rasio screen to body-nya juga mencapai 80 persen dengan ultra thin bezel berukuran 4,9 milimeter.

Parental control tentunya tersedia di sini. Sehingga, orangtua bisa mengatur berapa lama waktu yang dipergunakan untuk mengakses tablet tersebut.

App Management juga memungkinkan orangtua mengatur aplikasi apa saja yang bisa digunakan atau diakses oleh anak-anaknya.

"Tentunya juga ada content management, seperti foto atau video apa saja yang bisa dilihat atau diakses oleh anak-anaknya," kata Edy.

Usage report juga dapat dilihat oleh orangtua, yang memungkinkan mereka melihat berapa lama anak bermain dengan tabletnya, serta aplikasi apa saja yang sering diakses.

Huawei juga membawa eye protection yang berlapis dari MatePad T10 Kids Edition ke dalam MatePad T8 Kids Edition, dengan empat lapisan eye protection.

 

 

3 dari 5 halaman

Perlindungan Penglihatan Anak

Perlindungan pertama adalah blue light filter yang memberikan perlindungan terhadap cahaya biru yang dapat membahayakan penglihatan anak di usia dini.

Meski begitu, Edy menambahkan bahwa mereka juga menyertakan fitur untuk membatasi waktu penggunaan tablet pada anak, agar mereka tidak terus-terusan menggunakan gawai tersebut.

Fitur perlindungan lain adalah Postur Alert, yang memberikan peringatan dan menangguhkan pemakaian, jika posisi penggunaan tablet salah seperti tiduran.

Ada juga Bumpy Road Alert untuk melindungi dari dampak penggunaan saat di perjalanan yang tidak stabil, serta eBook mode, yang bisa mengubah mode warna menjadi hitam putih.

Huawei MatePad T8 Kids Edition juga memberikan perlindungan dari sisi pengisian daya, berupa kunci layar dan tak bisa diakses saat gawai sedang diisi dayanya.

Perangkat ini juga disertai Kids Corner. Edy mengungkapkan, fitur ini memberikan akses yang terpisah dari layar utama.

Dalam Kids Corner sendiri, Huawei MatePad T8 Kids Edition sudah menyediakan pre-installed apps yaitu recorder, kamera, serta multimedia lainnya.

Edy menjelaskan, hasil foto yang diambil di dalam Kids Corner ini tidak akan tercampur dengan pengguna lain yang memakai tablet di luar area tersebut.

4 dari 5 halaman

Tak Terbatas Pada Pemakaian Anak

Selain itu, Huawei MatePad T8 Kids Edition juga sudah menyertakan beberapa aplikasi penunjang bagi anak lain seperti BabyBus Apps, Azomee, Marble Alphabet, serta Vidio.

Dari sisi perlindungan bodi, Huawei mengatakan MatePad T8 Kids Edition menyertakan case yang berbahan seperti karet dan memiliki level food grade.

MatePad T8 Kids Edition juga menyertakan stylus pen yang terikat di casing-nya, dengan ujung atau tip yang aman bagi anak.

Dalam penjelasannya lanjutannya, Edy pun menegaskan bahwa tablet tersebut juga sudah mendukung untuk akses Google Clasroom dan juga Zoom, yang biasa digunakan untuk sekolah dari rumah.

Meski begitu, Edy menegaskan segmen yang dituju untuk Huawei MatePad T8 Kids Edition tidak terbatas pada anak usia dini saja.

"MatePad T8 Kids Edition juga bisa diubah secara mudah, kapan pun, menjadi tablet normal pada umumnya," ujarnya.

Huawei MatePad T8 Kids Edition sendiri sudah dilepas ke pasar Indonesia dengan harga Rp 2.499.000, dengan periode pemesanan awal dimulai pada 23 September hingga 10 Oktober 2021.

(Gio/Ysl)

5 dari 5 halaman

Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.