Sukses

Pengguna SHAREit Bisa Berbagi Game Tanpa Paket Data

Tren meningkatnya game seluler di tengah pandemi dimanfaatkan SHAREit untuk memperkenalkan kemampuan berbagi game tanpa paket data

Liputan6.com, Jakarta - SHAREit, platform berbagi file, gaming, dan streaming konten digital mengklaim Indonesia tengah menuju masa depan berbagi game tanpa paket data.

Hal ini seiring dengan tren game seluler yang terus meningkat sejak tahun 2019 hingga sekarang. Selain itu, pandemi juga dinilai turut menyumbang peningkatan game seluler di Indonesia.

Laporan InMobi "Mobile Gaming Through the Pandemic and Beyond in Southeast Asia 2021" menyebutkan, aturan pembatasan sosial yang membuat masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah berdampak pada peningkatan pemain game seluler sebesar 46 persen di Indonesia.

Dalam siaran persnya, Sabtu (18/9/2021), SHAREit mengatakan, lonjakan konsumsi data pengguna akibat tingginya tingkat penggunaan perangkat seluler untuk mobile gaming-pun muncul.

"Dengan tingkat penetrasi jaringan fixed (cable) yang rendah, tentunya para gamers kini sangat bergantung dengan penggunaan paket data, yang cenderung menguras biaya internet ketika digunakan untuk mengunduh gim yang berukuran besar," kata mereka.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dimanfaatkan SHAREit

Tren itu sendiri dimanfaatkan SHAREit untuk memperkenalkan kemampuan aplikasi mereka, untuk berbagi game tanpa menggunakan mobile data.

Mereka mengatakan, para pemain tidak perlu kesulitan untuk mengunduh game seluler, tetapi dapat saling berbagi game tanpa perlu akses internet ataupun data.

"Masifnya peningkatan tren gim selular ini membuka kesempatan untuk SHAREit menawarkan variasi gim untuk semua kalangan pemain tanpa harus memusingkan mahalnya paket data internet," kata Aat Hadi Pangestu, Country Sales Director SHAREit Indonesia.

Aat melanjutkan, SHAREit menciptakan ekosistem baru untuk para pemain gim seluler, yang memungkinkan mereka untuk mengunduh serta membagikan gim terpopuler antar pengguna.

Fitur game khusus oleh SHAREitu juga memungkinkan pengguna untuk mencari informasi terkini mengenai game dengan mudah, mengunduh game terbaru, menonton konten game, dan berbagi game tanpa data dengan pengguna lain.

3 dari 4 halaman

Akselerasi Pertumbuhan Kawasan Digital

Pengguna juga bisa menikmati "direct gameplay" agar mereka bisa bermain game seluler secara langsung di aplikasi SHAREit tanpa harus mengunduh aplikasi lain.

Dengan kemudahan tersebut, pengguna pun dapat menikmati fitur berbagi gim dengan ukuran data yang besar, yang mana biasanya para penikmat gim seluler harus menunggu lama untuk mengunduh gim bahkan memakan data internet yang cukup banyak.

Lebih lanjut, Aat mengatakan antusiasme orang terhadap game seluler juga sejalan dengan akselerasi pertumbuhan kawasan digital di Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

"Tujuan utama kami adalah SHAREit dapat diterima oleh semua kalangan pemain gim dari berbagai tingkatan keahlian, daerah, dan juga perusahaan gaming," katanya.

"Dengan akses tak terbatas ke gim HTML5, para pemain dapat mengakses ribuan katalog gim yang tersedia di aplikasi SHAREit," lanjut Aat.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Dampak Game Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.