Sukses

Telkomsel Geber VoLTE di 219 Kota Demi Perkuat Ekosistem 5G

Telkomsel terus menggeber layanan VoLTE ke 219 kota/kabupaten guna memperkuat ekosistem 5G dan memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel memperluas jangkauan layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE) ke 219 kabupaten/ kota. Target Telkomsel adalah menggelar layanan telepon berkualitas LTE di 230 kabupaten/kota hingga akhir 2021.

Perluasan layanan VoLTE dilakukan guna memperkuat ekosistem 5G. Terlebih kini Telkomsel sudah menggelar layanan 5G di sejumlah kota di Indonesia.

Tidak hanya memperluas layanan VoLTE, Telkomsel juga memperluas kolaborasi dengan mitra smartphone yang mendukung teknologi ini.

Hingga kini, VoLTE Telkomsel bisa digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone dari brand Advan, Evercross, Huawei, Oppo, Realme, Samsung, Vivo, dan Xiaomi.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, Telkomsel terus memperkuat pilar digital connectivity. Pasalnya pilar ini jadi fondasi dalam pengembangan dan pemanfaatan digital platform dan digital services bagi masyarakat Indonesia.

"Hadirnya teknologi jaringan VoLTE akan turut memperkuat perkembangan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, serta membuka lebih banyak peluang dan kesempatan bagi masyarakat dalam menjalani aktivitas keseharian dan meningkatkan produktivitasnya melalui pemanfaatan teknologi terkini," tutur Nugroho, dikutip dari keterangan Telkomsel, Jumat (17/9/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akselerasi Jaringan

Nugroho menambahkan, perluasan cakupan jaringan VoLTE oleh Telkomsel merupakan bagian dari akselerasi peralihan jaringan 2G dan 3G ke 4G/LTE

“Dengan menggunakan layanan VoLTE, pelanggan dapat merasakan pengalaman panggilan telepon yang lebih lancar, cepat, dan jernih dibanding panggilan konvensional ataupun Voice over IP (VoIP)," ujarnya.

Selain itu, VoLTE memungkinkan pelanggan untuk melakukan panggilan suara berkualitas HD sambil menikmati akses internet baik itu browsing, bermain game, video streaming, secara bersamaan.

Tak hanya itu, ke depannya, teknologi layanan Video Ring Back Tone (RBT) juga dapat diimplementasikan ketika pelanggan melakukan panggilan telepon suara atau video di jaringan VoLTE.

3 dari 3 halaman

VoLTE Dukung Komitmen 5G Telkomsel

Ia menyebut, pengembangan teknologi VoLTE merupakan perwujudan komitmen Telkomsel sebagai operator seluler 5G pertama di Indonesia, dalam membangun ekosistem 5G secara terukur.

Nugroho memaparkan, berbagai potensi use-case seperti layanan interactive calling dan interoperable communication juga merupakan bentuk pengembangan kapabilitas teknologi VoLTE. Di mana, nantinya akan membuka peluang layanan suara dengan kualitas jauh lebih tinggi ketika dinikmati di jaringan 5G.

Mengetahui besarnya manfaat dari layanan VoLTE bagi pelanggan, Telkomsel mengakselerasi perluasan cakupan jaringan VoLTE hingga meningkat sekira 350 persen sejak awal 2021.

Pengguna layanan VoLTE Telkomsel pun terus tumbuh hingga 80,9 persen sejak awal 2021.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.