Sukses

Raih Pendanaan Rp 10 Miliar dari East Ventures, Asumsi Akan Perkuat Tim Engineer

Perusahaan media digital multiplatform Asumsi mengumumkan telah meraih investasi sebesar USD 700.000 atau sekitar 10 miliar rupiah dari East Ventures.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan media digital multiplatform Asumsi mengumumkan telah meraih investasi sebesar USD 700.000 atau sekitar 10 miliar rupiah dari East Ventures.

“Kami sangat berterima kasih dan senang atas dukungan dari East Ventures dalam perjalanan kami untuk membuat dan menerbitkan cerita menarik kepada masyarakat Indonesia," ujar Pangeran Siahaan, CEO di Asumsi.

Masa pandemi, kata Pangeran, memberi tantangan baru dan berbeda kepada bisnis media. Oleh karena itu, perusahaan merasa terdorong untuk menjadi "semakin gigih dalam menyesuaikan dan beradaptasi dengan dinamika industri."

Pangeran menyebut investasi ini antara lain ditargetkan untuk memperluas operasional media dan memperkuat tim engineer untuk membuat platform yang lebih interaktif.

Peningkatan konsumsi media digital selama pandemi Covid-19 menunjukkan media digital terbukti lebih menarik bagi para penonton, pembaca, maupun pemasang iklan.

Laporan GWI pada tahun 2020 menyatakan, penonton kini lebih sering menonton konten televisi melalui aplikasi streaming pada gadget. Ini mencerminkan besarnya potensi pasar media, yang diproyeksikan akan berkembang dari USD 1.713 juta pada tahun 2020 ke USD 2.670,7 juta pada tahun 2025, secara global.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Luncurkan Platform Live Streaming

Asumsi memasang target untuk meluncurkan platform live streaming pada pertengahan tahun 2022 mendatang, yang akan mudah disesuaikan dengan kebutuhan para streamer.

Para pemirsa dapat mengakses fitur-fitur interaktif seperti memberi tip, Q&A, serta kuis. Platform ini rencananya dapat diakses oleh semua publik.

"Dengan platform live streaming, Asumsi dapat terus mendorong keterlibatan berbagai unsur masyarakat di ruang publik," kata Pangeran.

 

3 dari 4 halaman

Kategori Konten Baru

Perusahaan juga akan menambah dua kategori konten baru, Sport dan Lifestyle, untuk melengkapi konten yang saat ini berfokus pada politik dan isu sosial. Kedua topik ini dipilih untuk memperluas jangkauan pemirsa dan meningkatkan kesempatan komersial baru.

Penduduk Indonesia merupakan penggila olahraga. Lifestyle dan pop culture juga sudah menjadi tema yang umum di media masa kini.

"Asumsi terus berkembang untuk menyajikan berita berkualitas kepada masyarakat Indonesia. Kami yakin inovasi-inovasi di bidang jurnalistik dari Pangeran dan tim Asumsi akan menciptakan ruang yang lebih besar bagi segala bentuk keragaman dan demokrasi di Indonesia," ujar Willson Cuaca, Co-founder dan Managing Partner di East Ventures.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Unicorn di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.