Sukses

Bantu Lawan Covid-19, Google.org Beri Dukungan Hibah untuk Rumah Oksigen Gotong Royong

Google.org menyatakan, dukungan tersebut merupakan bentuk gotong royong Google dalam melawan Covid-19 di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Google.org memberikan dukungan hibah kepada Rumah Oksigen Gotong Royong (ROGR) yang diinisiasi Yayasan Anak Bangsa Bisa, sebagai fasilitas isolasi mandiri terpusat pasien Covid-19 ringan.

Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia mengatakan dukungan terhadap ROGR merupakan bentuk gotong royong Google dalam melawan Covid-19 di Indonesia.

Dalam siaran pers yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (17/9/2021), Randy mengatakan, pandemi telah menekan sistem kesehatan negara, terutama rumah sakit, saat terjadi lonjakan kasus.

"Fasilitas-fasilitas isolasi mandiri terpusat bisa membantu mengurangi tekanan tersebut dan dengan bangga mendukung Rumah Oksigen Gotong Royong melalui lengan filantropi kami," kata Randy.

Dalam pernyataannya, Google.org mengatakan dukungan mereka sejalan dengan imbauan pemerintah yang disampaikan pada akhir Agustus lalu.

Di sana, pemerintah meminta agar pasien bergejala ringan atau tanpa gejala untuk bisa dirawat di fasilitas isolasi terpusat, termasuk untuk mencegah klaster perumahan akibat isolasi mandiri yang tidak disiplin.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rawat Pasien Gejala Sedang

ROGR sendiri berada di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur dan sudah beroperasi sejak 2 Agustus 2021 lalu.

Fasilitas kesehatan ini bisa merawat pasien COVID-19 gejala ringan, memiliki saturasi oksigen sama dengan atau diatas 90 persen, serta tidak memiliki komorbid atau komorbid terkontrol.

Fasilitas tersebut memiliki 500 tempat tidur yang terdiri dalam empat rumah isolasi.

Mereka juga menyediakan tenaga medis, dokter, perawat, dan apoteker yang bersiaga 24 ham, poli umum, mini high care unit (HCU), instalasi gawat darurat (IGD), depo farmasi 24 jam, dan ruang gizi.

 

3 dari 4 halaman

Dilengkapi Oksigen

ROGR juga dilengkapi dengan oksigen yang mengalir langsung dari pabrik PT Aneka Gas Industri Tbk, lewat pipanisasi sebanyak 350 hingga 400 liter per jam.

"Keberadaan fasilitas isolasi seperti Rumah Oksigen Gotong Royong kamipercayai akan sangat bermanfaat bagi pasien COVID-19," kata Joseph Pangalila, Ketua Task Force Inisiator ROGR.

"Pasien bisa dirawat dengan baik oleh tenaga kesehatan berpengalaman dan terus dipantau kondisi kesehatannya, sehingga bisa terjadi perburukan bisa diselamatkan," ia menambahkan.

Pasien yang ingin dirawat di ROGR bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi Halodoc atau mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan lain seperti puskesmas atau rumah sakit.

Saat dirawat, pasien tidak dikenakan biaya dan akan mendapatkan tiga kali makan dalam sehari.

Operasional ROGR juga dikelola oleh tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, yang merupakan kolaborasi TNI, Polri, Ikatan Dokter Indonesia, serta relawan Kementerian Kesehatan.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Vaksin Merah Putih Karya Anak Bangsa Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.