Ada ML dan Free Fire, 6 Game Ini Dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2021

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 16 Sep 2021, 17:43 WIB
Diperbarui 16 Sep 2021, 17:43 WIB
Mobile Legends: Bang Bang.
Perbesar
Mobile Legends: Bang Bang.

Liputan6.com, Jakarta - Mobile Legends (ML), Free Fire, hingga game lokal Lokapala akan menjadi tiga dari enam game yang dipertandingkan dalam Piala Presiden Esports 2021, yang membawa tema "Bangga Esports Indonesia."

Adapun, enam cabang game yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2021 adalah: eFootball PES 2021 (konsol), Free Fire, Lokapala, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, dan Speed Chess Mobile Premier League.

Dalam Instagram resminya di pialapresidenesports, pertandingan ini akan memperebutkan total prize pool senilai Rp 2 miliar. Pendaftaran sendiri sudah dimulai sejak 9 September lalu hingga 2 Oktober 2021, lewat laman resmi Piala Presiden Esports.

Mengutip Antaranews, Kamis (16/9/2021), Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berharap agar penyelenggaran Piala Presiden Esports (PPE) 2021, menjadi momentum perkembangan cabang olahraga itu di Indonesia.

"Pemerintah berharap penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 dapat menjadi momen untuk membuka kembali pintu pariwisata Indonesia serta mendorong sport tourism untuk terus berkembang," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bukti Negara Kembangkan Esports

Selain itu, dalam siaran persnya, Moeldoko juga mengatakan PPE 2021 menjadi bukti bahwa negara terus hadir untuk mengembangkan industri dan ekosistem esports di Indonesia.

Babak penyisihan PPE 2021 sendiri akan diselenggarakan pada Oktober hingga November 2021 secara daring, dengan seremoni kick off pada 3 Oktober.

Kemudian, babak final akan diselenggarakan pada bulan Desember 2021 di Bali.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tumbuhkan Esports Dalam Negeri

Oppo Reno6
Perbesar
Bermain gim PUBG Mobile di Oppo Reno6 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berharap agar PPE bisa dimanfaatkan oleh pengembang atau pelaku industri game lokal, agar esports dalam negeri terus bertumbuh.

"Ini adalah industri olahraga yang memiliki jaringan besar dan bisa memberikan efek positif terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang saat ini terdampak pandemi," kata Raden Isnanta, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora.

Mengutip laman resminya, Piala Presiden Esports 2021 merupakan kompetisi esports hasil kolaborasi KSP, Kemenko Marves, Kemenko PMK, Kemenpora, Kemenparekraf, Kominfo, KONI< PB-ESI, dan Kincir.

Tahun lalu, Piala Presiden Esports mempertandingkan Free Fire, ePES Football 2021, dan Mobile Premier League.

(Dio/Isk)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Bisnis Game di Indonesia

Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Perbesar
Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya