Sukses

Huawei Sebut 100 Juta Perangkat Sudah Gunakan HarmonyOS

Huawei mengklaim bahwa 100 juta perangkat sudah mendapatkan pembaruan ke HarmonyOS 2 buatan mereka

Liputan6.com, Jakarta - Usai "putus" dari Android Google akibat kebijakan Amerika Serikat, Huawei memilih untuk menggunakan sistem operasi buatan mereka sendiri yaitu HarmonyOS pada perangkatnya.

Baru-baru ini, Huawei mengumumkan pengguna HarmonyOS 2.0 mereka mengalami peningkatan. Disebutkan, sudah menembus ada 100 juta perangkat yang diperbarui dengan sistem operasi tersebut.

"Kami sangat bangga dan bersemangat untuk membagikan, lebih dari 100 juta pengguna sudah melakukan pembaruan ke HarmonyOS 2," tulis akun Twitter resmi Huawei Mobile, dikutip Rabu (15/9/2021).

"Terima kasih kepada semua yang mendukung kami. Kami akan terus membawa pengalaman yang inovatif dan terbaik bagi semuanya," kata perusahaan asal Tiongkok tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan yang Tajam

Mengutip GSM Arena, peningkatan ini sangatlah tajam mengingat pekan lalu, Huawei baru saja mengklaim HarmonyOS 2.0 sudah digunakan di 90 juta pengguna.

Adapun, 100 juta perangkat yang diperbarui ke HarmonyOS 2.0 sebelumnya banyak yang menjalankan Android.

Huawei juga dilaporkan sedang merekrut penguji beta untuk gelombang keenam pembaruan dari Android ke Harmony. Pembaruan inilah yang membuat jumlah pengguna melonjak tiba-tiba.

3 dari 4 halaman

Targetkan 400 Juta Perangkat dapat HarmonyOS

Pengumuman tersebut juga disampaikan oleh Yu Chengdong dari Huawei pada Senin waktu setempat.

"Di masa depan, kami tidak akan melupakan niat awal dan berusaha untuk memberikan Anda pengalaman yang terbaik," kata Chengdong seperti mengutip Gizchina.

Dalam waktu dekat, HarmonyOS 2 Huawei juga akan terbuka untuk pembaruan lebih banyak model, termasuk smartphone dan tablet yang lebih lawas ketimbang Huawei dan Honor.

Selain itu, mereka juga menaikkan target untuk mencapai 400 juta unit perangkat dengan HarmonyOS, dari sebelumnya 300 juta unit.

HarmonyOS 2.0 sendiri secara resmi dirilis pada 2 Juni 2021. Seminggu pertama, pada 9 Juni, Huawei menyebut sudah memiliki lebih dari 10 juta pengguna HarmonyOS.

Setelah satu bulan peningkatan, HarmonyOS diklaim sudah memiliki lebih dari 25 juta pengguna, dan pada 30 Agustus, mereka sudah digunakan oleh lebih dari 70 juta pengguna aktif.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.