8 Pengumuman Penting Apple di Peluncuran iPhone 13 Series, Apa Saja?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 15 Sep 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 15 Sep 2021, 13:00 WIB
iPhone 13
Perbesar
Apple resmi umumkan iPhone 13 series. (Doc: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja meluncurkan perangkat andalannya iPhone 13 series dalam gelaran Apple Event yang ditayangkan live streaming, 15 September 2021 dini hari.

Kalau kamu tidak sempat menonton hajatan akbar perusahaan teknologi yang bermarkas di Cupertino, California, AS ini, Tekno Liputan6.com berikan inti sari dari peluncuran iPhone 13. Informasi ini dikutip dari The Verge, Rabu (15/9/2021).

1. iPhone 13 Hadir dengan Desain Mirip, Beda di Kamera dan Notch

Apple iPhone 13 Mini dan iPhone 13 memiliki desain yang sama dengan dengan iPhone 12 tahun lalu. Namun iPhone 13 ini hadir dengan ukuran notch yang lebih kecil dan kedua kamera ditempatkan dalam posisi diagonal.

Kedua iPhone 13 sama-sama dibekali chipset A15 Bionic dan peningkatan di sistem kamera. Apple juga menjanjikan iPhone 13 Mini dan iPhone 13 memiliki daya tahan baterai lebih lama dibanding pendahulunya.

iPhone 13 Mini dan iPhone 13 tidak lagi menyajikan memori internal 64GB. Kini versi memorinya mulai dari 128GB, 256GB, dan 512GB.

Soal harga, iPhone 13 mini dibanderol mulai dari USD 699 atau setara Rp 10 jutaan. Sementara iPhone 13 dijual dengan harga mulai dari USD 799 atau setara Rp 11,3 jutaan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max Dibekali Refresh Rate 120Hz

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max
Perbesar
iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max (Foto: Apple Newsroom).

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max mengusung desain yang familiar dengan pendahulunya. Sisi perangkat berbahan stainless steel dan punya tampilan matte di bodi belakang.

Upgrade utama dari iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max adalah pada bagian layar. Di sektor ini, Apple membenamkan refresh rate hingga 120Hz, dengan fitur bernama ProMotion.

Fitur ini merupakan teknologi adaptive refresh rate yang sudah diaplikasikan pada smartphone Android, misalnya merek Samsung. Dengan fitur ProMotion, iPhone 13 Pro series menyesuaikan refresh rate dengan konten atau aplikasi yang dibuka pengguna, antara 10-120Hz.

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max mengusung chipset A15 Bionic. Dengan chipset ini, Apple menjanjikan daya tahan baterai lebih lama dibandingkan pendahulu.

iPhone 13 Pro dibanderol mulai USD 999 atau setara Rp 14,2 jutaan. Sementara iPhone 13 Pro Max dilepas mulai dari USD 1.099 atau setara Rp 15,6 jutaan. Sebagai kejutan, iPhone 13 Pro series menghadirkan opsi memori tertinggi 1TB.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. iPhone 13 Series Hadirkan Cinematic Video dan Photograph Styles

iPhone 13 Pro
Perbesar
iPhone 13 Pro akan dilengkapi sensor autofocus pada kamera ultra-wide. Itu juga akan menggunakan lensa enam elemen untuk menunjang pengambilan gambar low-light. (dok: MacRumors)

Dua fitur utama di kamera iPhone 13 series adalah Cinematic Video. Fitur ini menerapkan gaya buram pada mode portrait ke background video.

Sementara untuk hasil foto, Apple menyuguhkan fitur Photograph Styles, memungkinkan pengguna memilih gaya berbeda sebelum mengambil foto. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan tertentu.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Apple Watch 7 Punya Desain Baru, Layar Lebih Lega

Apple Watch 7
Perbesar
Apple menghadirkan Apple Watch seri 7 di acara Apple Event (Foto: screenshot Apple Event).

Apple Watch Series 7 didukung dua opsi layar yakni 41mm dan 45mm. Desainnya pun agak dimodifikasi termasuk ukuran layar yang lebih lega.

Beberapa elemen UI juga di update untuk mengakomodasi layar yang lebih besar. Salah satunya adalah Watch 7 kini bisa menampilkan keyboard lengkap.

Apple Watch 7 dibanderol mulai dari USD 399 atau setara Rp 5,6 jutaan. Namun tak seperti iPhone yang langsung bisa dipesan, Apple Watch 7 baru akan hadir musim gugur nanti.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Mode Workout Baru di Fitness Plus

Apple Watch 7
Perbesar
Apple menghadirkan Apple Watch seri 7 di acara Apple Event (Foto: screenshot Apple Event).

Apple mengumumkan beberapa pembaruan pada layanan kebugarannya, Fitness Plus. Apple menambahkan latihan Pilates, meditasi terpandu, dan latihan yang terinspirasi olahraga musim dingin ke layanan kebugaran ini.

Ke depan, group workout juga akan hadir pada musim gugur. Group workout memungkinkan pengguna berolahraga bersama teman-teman.

Tidak hanya itu, Fitness Plus juga bakal dihadirkan ke lebih banyak negara pada musim gugur ini.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. iPad Mini Punya Layar Lebih Lega

ipad mini
Perbesar
Apple merilis iPad mini yang memiliki layar seluas 8,3 inci (Foto: Apple Event sceenshot).

iPad Mini baru Apple hadir dengan desain baru, mirip dengan iPad Air yang rilis tahun 2020.

iPad Mini didukung layar 8,3 inci dengan sensor Touch ID ditempatkan pada tombol daya. iPad Mini juga didukung port USB Type C.

Apple membenamkan kamera depan ultra wide 12MP yang didukung teknologi Center Stage. Center Stage memungkinkan kamera mengenali gerakan pengguna, sehingga di saat virtual meeting pengguna bergerak, kamera menyesuaikan agar si pengguna tetap terlihat di frame.

iPad Mini juga didukung konektivitas 5G. Selain itu juga bisa terhubung dengan Apple Pencil generasi kedua yang dapat terhubung secara magnetis ke sisi tablet.

Tablet baru Apple ini dibanderol mulai dari USD 499 atau Rp 7 jutaan . iPad Mini bakal tersedia mulai 24 September 2021 di AS.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

7. iPad 9 dengan Chipset A13 Bionic

iPad
Perbesar
iPad dan iPad mini baru diumumkan. (Doc: Apple)

Pada awal acara, CEO Apple Tim Cook memperkenalkan iPad 9 dengan chip A13 Bionic. iPad 9 ini didukung kamera depan ultrawide 12MP yang mendukung Center Stage, seperti pada iPad Mini.

iPad 9 diibanderol mulai dari USD 329 atau setara Rp 4,6 jutaan dengan opsi memori internal 64GB.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

8. Jadwal Rilis iOS 15

iOS 15
Perbesar
Apple resmi umumkan kehadiran iOS 15 di WWDC 2021. (Doc: Apple)

Agak berbeda dengan Apple Event tahun sebelumnya, Apple hanya mengumumkan berbagai perangkat barunya. Sementara update software iOS bakal diumumkan pada 20 September 2021 atau sekitar lima hari ke depan.

Dalam waktu yang dijadwalkan, Apple akan kembali mengungkap software untuk berbagai perangkatnya, yakni iOS 15, iPadOS 15, dan WatchOS 8.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya