Sukses

Apple Peringatkan Pengguna, Getaran Motor Berisiko Turunkan Kualitas Kamera iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Apple mengingatkan pengguna iPhone untuk berhati-hati terhadap paparan getaran seperti yang dihasilkan mesin sepeda motor. Kenapa?

Disebutkan, suara dari mesin sepeda motor ini dapat berdampak terhadap pada kualitas kamera perangkat tersebut.

Hal itu disampaikan Apple pada Jumat pekan lalu, di laman Support-nya. Menurut mereka, getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu bisa menurunkan kinerja sistem kamera iPhone.

Dalam penjelasannya, perusahaan besutan Steve Jobs itu mengatakan, sistem kamera canggih di beberapa model iPhone mencakup teknologi seperti optical image stabilization dan closed-loop autofocus.

Melansir laman perusahaan pada Rabu (15/9/2021), teknologi tersebut membantu pengguna untuk mengambil foto yang bagus meski dalam kondisi yang sulit.

"Sistem ini bekerja untuk secara otomatis melawan gerakan, getaran, dan efek gravitasi agar Anda bisa fokus untuk mengambil bidikan yang bagus," kata Apple.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teknologi Pencegah Gambar Buram

Apple mengatakan, jika pengguna tidak sengaja menggerakkan kamera saat mengambil gambar, foto yang dihasilkan bisa menjadi buram.

Untuk mencegah hal itu, beberapa model iPhone dilengkapi optical image stabilization (OIS), yang memungkinkan pengguna mengambil foto yang tajam saat seseorang tidak sengaja memindahkan kamera.

Beberapa model juga memiliki closed-loop autofocus (AF). Mereka menahan efek gravitas dan getaran untuk mempertahankan fokus yang tajam dalam foto, video, dan panorama.

Dengan closed-loop AF, sensor magnetik yang terpasang mengukur gravitasi dan efek getaran, serta menentukan posisi lensa sehingga gerakan yang dikompensasi bisa diatur secara akurat.

3 dari 4 halaman

Dampak Getaran Mesin Motor

Namun, menurut mereka, mesin sepeda motor berdaya atau bervolume tinggi menghasilkan getaran amplitudo yang intens, yang ditransmisikan melalui sasis atau setang.

"Tidak disarankan untuk memasang iPhone Anda ke sepeda motor dengan mesin berdaya tinggi atau bervolume tinggi karena amplitudo getaran dalam rentang frekuensi tertentu yang dihasilkannya," kata Apple.

Lebih lanjut, Apple mengatakan memasang iPhone di kendaraan dengan volume kecil atau mesin listrik sepeti skuter, bisa menyebabkan getaran dengan amplitudo yang relatif lebih rendah.

"Tetapi jika Anda melakukannya, pemasangan peredam getaran disarankan untuk mengurangi risiko kerusakan pada iPhone Anda dan sistem OIS dan AF-nya," kata mereka.

Selain itu, perusahaan menyarankan agar pengguna menghindari pemakaian rutin dalam waktu yang lama, demi mengurangi risiko kerusakan lebih lanjut.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.