Sukses

Oppo Reno6 Series 5G Perkenalkan AI Highlight, Begini Cara Kerjanya

Oppo Reno6 Series 5G membawa AI Highlight sebagai salah satu fitur andalan di smartphone tersebut

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Reno6 Series 5G memperkenalkan fitur Portrait Video yang dilengkapi Bokeh Flair Portrait dan AI Highlight Video yang dioptimalisasi secara komputerisasi untuk algoritma fotografinya.

Dalam siaran persnya, ditulis Senin (13/9/2021), Oppo mengklaim bahwa AI Highlight menjadi salah satu fitur yang "memposisikan Oppo Reno6 Series 5G menjadi pionir dalam Portrait Video."

AI Highlight Video di Oppo Reno6 5G dan Oppo Reno6 Pro 5G sendiri dapat digunakan dalam kondisi malam atau gelap serta siang atau terang.

Dengan Oppo Ultra Night Video, algoritma akan meningkatkan kecerahan dan menggunakan warna asli yang terekam oleh kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk secara signifikan menaikkan kualitas video dan kejernihan warna.

Hal ini memungkinkan tekstur obyek dalam video tetap sempurna dan terlihat meski diambil di area yang lebih gelap.

Sementara untuk area siang atau terang, Oppo Reno6 5G dilengkapi AI Highlight Video's Live HDR, di mana algoritma akan mengatur pencahayaan dan menambahkan warna sesuai warna aslinya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teknik AI dalam Fitur Pencitraan Oppo

DOL-HDR juga membantu meningkatkan kualitas video di Oppo Reno6 Pro 5G dengan lebih jernih, serta membuat warna lebih sesuai aslinya dan jangkauan dinamis video menjadi empat kali.

"Upaya kami menerapkan teknik Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan fitur pencitraan tidak pernah berhenti," kata Patrick Owen, Chief Creative Officer Oppo Indonesia.

Patrick menyebut bahwa Oppo memiliki pengalaman dan keahlian mendalam di bidang AI, termasuk lebih dari 10 juta database potret yang mencakup sebagian besar skenario pengambilan gambar yang mungkin ditemui pengguna.

"Dengan melakukan tes Bokeh Flare Portrait Video puluhan ribu kali, Oppo telah meningkatkan akurasi pengenalannya hingga 97 persen," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Maksimalkan AI Highlight

Memaksimalkan fitur AI Highlight pada Oppo Reno6 Series 5G dapat dilakukan dengan cara berikut.

  • Aktifkan fitur AI dengan masuk ke kamera, klik tombol video, ketuk toolbar bagian atas dan pilih tombol AI. Jika sudah aktif, tombol ini akan berwarna. AI Highlight akan secara otomatis mendeteksi cahaya dan akan membantu mencerahkan, menjernihkan dan menghasilkan video portrait yang baik dengan efek bokeh yang dramatis.
  • Ambil foto subyek, jika manusia, seukuran setengah badan atau close-up.
  • Meski AI dapat mendeteksi cahaya secara otomatis dan memberikan koreksi pencahayaan, tetap hindari pengambilan gambar di tempat dengan cahaya minim yang ekstrem.

Pengguna juga dapat melakukan editing dengan mengubah kecepatan video, menggunakan theme, filter, menambahkan soundtrack, special effect, serta watermark.

Penggunaan AI juga ada di mode photo OPPO Reno6 Series 5G. Caranya klik folder album, pilih foto yang akan di-edit, klik tombol edit, dan klik tombol AI Pallete.

Hasil foto akan menyesuaikan dengan AI Pallete yang telah tersedia. Pengguna juga bisa menambahkan pallete sendiri dari image di album/galeri sendiri.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.