Sukses

Huawei Siap Gulirkan HarmonyOS 2.0 untuk Pengguna Smartphone di Indonesia

Manajer Dukungan Pengembang Huawei Device Indonesia, Steven Pongidin mengatakan HarmonyOS 2.0 siap menyambangi Indonesia dalam enam bulan ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Huawei telah memperkenalkan HarmonyOS 2.0 untuk perangkat besutannya sejak beberapa bulan lalu. Namun Huawei nyatanya belum menggulirkan sistem operasi terbaru ini untuk seluruh perangkat dan semua wilayah, termasuk Indonesia.

Kendati demikian, saat ini di Indonesia, HarmonyOS 2.0 sebenarnya sudah hadir di MatePad 11 yang meluncur bulan lalu. Hanya deretan smartphone Huawei lain hingga kini belum merasakan pengalaman sistem operasi anyar itu.

"Kami sudah mengeluarkan HarmonyOS 2.0 di MatePad 11. Kami ingin melihat bagaimana animo publik dan performanya. Lalu, kami akan menggulirkannya secara bertahap ke perangkat lain di Indonesia, terutama smartphone," tutur Manajer Dukungan Pengembang Huawei Device Indonesia, Steven Pongidin dalam konferensi pers gelaran Huawei Developers Day, Kamis (10/9/2021).

Untuk itu, Steven mengatakan, Huawei berencana untuk mulai menggulirkan HarmonyOS untuk pengguna di Indonesia selama enam bulan ke depan. "Akhir tahun ini atau awal tahun depan, pengguna di Indonesia sudah bisa merasakan HarmonyOS," tuturnya.

Terkait model smartphone yang akan menerimanya, Steven menjelaskan, sistem operasi ini dipastikan akan menyambangi perangkat flagship dari Huawei yang sudah rilis di Indonesia, seperti lini P40 dan Mate 40 Pro.

Sementara untuk model lain yang lebih lawas, ia mengatakan Huawei masih akan melihat berapa lama perangkat itu dirilis. Selain itu, perusahaan akan melakukan survei terlebih dulu untuk mengetahui jumlah penggunanya yang ada di Indonesia.

"Kalau untuk perangkat lama, perlu disurvei untuk mengetahui jumlah pengguna. Untuk memastikan apakah akan semakin banyak pengguna yang bisa menikmati HarmonyOS," tutur Steven.

Selain di smartphone, HarmonyOS 2.0 juga hadir untuk perangkat pintar dalam ekosistem Huawei lainnya, seperti smartwatch maupun Smart TV. Berdasarkan laporan terbaru, HarmonyOS 2.0 diketahui sudah hadir mencapai 90 juta pengguna.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Baru Dirilis, Harmony OS 2.0 Milik Huawei Tembus 10 Juta Pengguna

Sebagai informasi sejak beberapa hari rilis, pengguna HarmonyOS 2.0 milik Huawei melampaui angka 10 juta pengguna. Artinya ada lebih dari 10 juta perangkat Huawei yang menggunakan HarmonyOS 2.0.

 Meski pertumbuhan OS baru ini sangat cepat, penting untuk diingat, HarmonyOS 2.0 bukanlah suatu OS. HarmonyOS sebenarnya bertindak menjadi merek yang mencakup semua sistem operasi Huawei sampai ke perangkat IoT-nya.

Para pengguna di Tiongkok kini bisa memperbarui perangkat Huawei mereka ke HarmonyOS 2.0. Adapun smartphone yang mendukung update ke HarmonyOS 2.0 adalah seri Mate 40, seri P40, Mate 30, dan MatePad Pro.

Selanjutnya Huawei seri P30 dan Honor V30 akan mendaptkan update beta tertutup dan beta publik pada Juli mendatang.

Sayangnya, sejauh ini belum diketahui bagaimana HarmonyOS 2.0 akan digulirkan ke pengguna di luar Tiongkok.

Sangat mungkin jumlah adopsi HarmonyOS 2.0 bertumbuh, bahkan Huawei menargetkan tercapainya 360 juta perangkat aktif akan menjalankan HarmonyOS pada akhir 2021.

3 dari 3 halaman

Data Dipindahkan Tidak akan Hilang

Huawei juga meyakinkan 1,2 juta pengembang untuk membuat aplikasi untuk platform HarmonyOS.

Dalam wawancaranya, perwakilan Huawei mengungkap sejumlah detail penting mengenai upgrade HarmonyOS 2.0.

Salah satu detail penting yang diungkap, ketika pengguna mem-flash firmware terbaru, semua data pengguna, game, foto, dan aplikasi di OS lama smartphone Huawei akan terbawa ke HarmonyOS 2.0. Sehingga pengguna tidak akan kehilangan data apa pun.

Sekadar informasi, saat ini HarmonyOS 2.0 tengah dalam tahap peluncuran akhir dengan pengujian A/B, di mana pengguna mendaftar ke beta publik untuk saat ini.

Beberapa perangkat masih dalam versi beta internal. Namun, Huawei optimistis HarmonyOS 2.0 akan membuat progres yang cepat.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.