Facebook dan Ray-Ban Kolaborasi Luncurkan Kacamata Pintar

Oleh Agustinus Mario Damar pada 10 Sep 2021, 13:30 WIB
Diperbarui 10 Sep 2021, 13:30 WIB
Facebook
Perbesar
Tampilan Ray-Ban Stories, kacamata pintar pertama hasil kolaborasi Facebook bersama Ray-Ban. (Foto: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Facebook baru saja mengumumkan hasil kolaborasi terbarunya bersama Ray-Ban, yakni kacamata pintar yang diberi nama Ray-Ban Stories.

Sekilas, kacamata pintar kolaborasi keduanya ini mirip dengan Snapchat Spectacles yang kini sudah masuk ke generasi ketiga.

Dikutip dari situs resmi Facebook, Jumat (10/9/2021), Ray-Ban Stories memiliki sejumlah kemampuan, seperti mengambil video atau foto, speaker untuk mendengarkan podcast, musik, termasuk menerima panggilan suara, hingga sudah mendukung voice assistant.

Untuk mendukung kemampuan tersebut, Facebook membenamkan kamera ganda beresolusi 5MP di kacamata ini. Selain itu, ada pula mikrofon yang dapat dipakai untuk melakukan panggilan atau membuat video.

Ray-Ban Stories dapat terhubung dengan aplikasi baru bernama Facebook View. Lewat aplikasi ini, pengguna dapat langsung berbagi hasil tangkapan video atau foto dari kacamata pintar ini ke media sosial.

Facebook mengatakan aplikasi sudah tersedia di platform iOS dan Android. Nantinya, video atau foto hasil tangkapan Ray-Ban Stories dapat langsung dibagikan ke Facebook, WhatsApp, Messenger, Twitter, TikTok, serta Snapchat, atau pengguna dapat menyimpannya.

Ray-Ban Stories tersedia dalam 20 varian, termasuk desain ikonik Ray-ban, seperti Wayfarer/Wayfarer Large, Round, dan Meteor. Lalu, kacamata ini juga mendukung beragam lensa, mulai dari clear, sun, transition, dan prescription.

Terkait daya tahannya, saat terisi penuh, Ray-Ban Stories bisa digunakan selama tiga hari. Kacamata ini dijual dengan harga mulai dari USD 299 (Rp 4,5 juta) dan tersedia di toko ritel tertentu di Amerika Serikat, Australia, Kanada, Irlandia, Italia, dan Inggris.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Facebook Jamin Privasi

Facebook
Perbesar
Tampilan Ray-Ban Stories, kacamata pintar pertama hasil kolaborasi Facebook bersama Ray-Ban. (Foto: Ray-Ban)

Meski ini produk terbaru, Facebook mengatakan pihaknya menjamin privasi pengguna, termasuk lingkungannya. Salah satunya adalah ada opsi untuk mematikan mikrofon maupun kamera.

Tidak hanya itu, ada pula LED yang berfungsi sebagai tanda bahwa kamera sedang aktif. Jadi, ketika pengguna mengambil foto atau video, orang di sekitarnya mengetahui bahwa kamera dari Ray-Ban Stories ini sedang aktif.

Sementara di aplikasi Facebook View, pengguna juga dimungkinkan untuk melakukan pengaturan sesuai preferensi pengguna, seperti kapan dan di mana pengguna ingin melakukan impor foto maupun video yang ditangkap.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Facebook Mau Kembalikan Fitur Panggilan Suara dan Video di Platformnya?

Di sisi lain, Facebook tengah menguji coba fitur panggilan suara dan video di platform utama Facebook. Informasi ini dilaporkan pertama kali oleh Bloomberg.

Sebelumnya Facebook sudah punya fitur panggilan suara dan video, namun dijadikan sebagai aplikasi mandiri Facebook Messenger.

Messenger dikeluarkan Facebook dari aplikasi utamanya pada 2011 dan secara resmi dihapus dari aplikasi Facebook pada 2014.

Mengutip The Verge, Selasa (24/8/2021), panggilan suara dan video merupakan dua dari beberapa fitur Messenger yang diperkenalkan Facebook dalam produk lainnya. Misalnya kamera video Portal dan headset virtual reality Oculus.

Perusahaan juga belum membagikan informasi apakah pihaknya berencana untuk membawa sejumlah fitur di Messenger itu kembali ke aplikasi utama Facebook.

Direktur Manajemen Produk Messenger memberi tahu Bloomberg informasi berikut. "Anda akan mulai melihat lebih banyak dari waktu ke waktu," katanya.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya